Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Bernolstagia Melihat Kompasiana dari Waktu ke Waktu Menggunakan "Internet Archive"

28 Oktober 2021   07:10 Diperbarui: 28 Oktober 2021   07:14 1225 23 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kompasiana Cache Archive Kamis, 26 Agustus 2010  

Kali ini nulis yang ringan-ringan aja ah dan pendek hehe, sekalian buat memperingati ulang tahun kompasiana yang ke 13, walaupun udah telat 5 hari. Dan mugkin buat kalian yang kepengen kenal lebih jauh soal kompasiana, dapat menelusuri perjalanan kompasiana dari waktu ke waktu, secara real time. Kok bisa? Baca aja dulu ya.. ntar dipandu jalan-jalannya melalui internet.

Sebenarnya dulu pernah saya tulis, tapi udah raib entah kemana. Jadi nulis lagi dari buat sekedar bernolstagia dengan kompasiana.

Nah! Berapa usia kompasiana? Di banner Dekat logo tertera angka 13 yang berarti kompasiana memasuki usia ke 13. Apa benar?  Benar lah... yang buat sang empunya.

Tapi kalo ingin menelusuri postingan pertama di situs kompasiana, bisa membaca postingan dari Kang Pepih Nugraha. Sang punggawa dan pendiri kompasiana. Untuk kategori Pemerintah  dengan judul "Ngadalin" Rakyat".  Diposing tanggal dan jam 2008-08-29 (29 Agustus 2008) 16:35:15.

So? Kalo dihitung dari tanggal tersebut, tahun ini kompasiana berusia berapa tahun? Minimal dihitung jatuh pada tanggal perayaan yaitu 22 Oktober memang benar akan berusia 13 Tahun. Hanya tanda tanyanya penetapan tanggal ulang tahun kapan. Yuk siapa yang bisa menjawab?  Ya lihat di bagian tentang kompasiana. Link dibagian bawah.

Tapi ada sejarhanya sebelum ditetapkan pada tanggal 22 oktober. Sayang link (catatan kaki) yang saya sertakan pada sat buat Wikipedia kompasiana pertama kali entah raib kemana. Diedit sama kontributor lain, dan juga ditelusuri kembali di awal pembuatan linknya udah gak bisa diakses.

Ini nih, diintip dari laman Wikipedia  pada tanggal 1 September 2008, Kompasiana mulai online sebagai blog jurnalis. Pada perjalanannya, Kompasiana berkembang menjadi Social Blog atau blog terbuka bersama para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia (KG) serta beberapa orang penulis tamu dan artis. Antusiasme para blogger dan netizen untuk ikut ngeblog di Kompasiana mendorong dibuatnya satu menu khusus bernama Public. Pada 22 Oktober 2008, Kompasiana sebagai blog sosial resmi diluncurkan.

Ada yang janggal? Ya itu tanggal postingan kang pepih tanggal 29 Agustus 2008 dan tanggal 1 September 2008 katanya baru online? Sedangkan tulisan kang pepih pada tanggal tersebut masih bisa dibaca tuh? 

Kok bisa. Sebelum saya jelasin klik di tautan ini. Bener kan? Masih bisa di akses sekalipun link sebenarnya udah gak bisa diakses. 

Itulah kecanggihan teknologi yang bisa merekam jejak sebuah situs secara maksimal. Nah untuk menjawab pebedaan tanggal tersebut, bisa saja situs kompasiana.com sudah dibuat tapi hanya untuk kalangan internal kompas mungkin, sekalian uji coba sebelum dibuka untuk jurnalis dan kemudian ke publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan