Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Konon Katanya, Banyak Jerawat Itu Karena Banyak Mikirin "Jorok"! Benar Ngak Tuh?

17 Oktober 2021   00:15 Diperbarui: 17 Oktober 2021   23:56 1140 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Liustrasi  Sumber : GridOto.com 

Pasti boong kan, mitos lah! Tapi kalo ingat masa puber atau remaja dulu, banyak teman-teman yang jerawatan digodain seperti itu lho. Kapan itu ya? Waduh udah lama lagi. Udah tua gini. Tapi eh, emang masih ada anggapan seperti itu saat ini, sekalipun mitos? Sekalipun candaan.

Dulu ada teman cewek nih, teman sekelas. Cantik? pastilah hehe. Dia pernah gak masuk sekolah dengan alas an sakit. Waktu ditanya, eh ternyata dia sebel sama satu jerawat yang nongol di pipi kirinya. Waduh segitunya. Malu apa takut dikatain mikir jorok? Hahaha. Bagi dia, menganggu, seperti cewek yang gak pernah ngerawat wajahnya. Ya elaaa... masih unyu-unyu gitu, udah sampai disitu ternyata mikirnya.

Dah ah, sampai senyum-seyum sendiri itu.  Topik pilihan kompasiana kali ini sebenarnya pantasnya bukan buat saya kali ya,. Wong udah umuran, lebih pantasnya isinya pengalaman anak remaja, anak muda atau orang tua (ibu biasanya) yang  lebih pas membahasanya.  Apalagi dokter? Lebih pas lagi.

Tapi boleh dong saya ngebahasnya? Jangan dihapus ya min, mimin, admin.

Saya gak mau googling sana-sini cari artikel sebagai bahan tulisan. Saya ingin menceritakan pengalaman saya pribadi, juga ketika menangani ke tiga anak saya dan dua keponakan yang cantik-cantik dan super ganteng-ganteng. Kudu bangga sama anak sendiri dong ah.

Setahu saya, pada masa pubertas, tubuh menghasilkan hormon, kalo gak salah testosteron dan androgen. Ini karena ingatan saja,sungguh gak baca literatur.  Nah hormon inilah yang katanya banyak memproduksi minyak. Eh bukan premium atau pertamax  haha.

Nah karena karena memproduksi minyak secara berlebihann (asya gak tau alat ukurnya), yang saya tau memang dulu wajah saya berminyak, bahkan sekarangpun  wajah seperti berminyak setelah berpergian jauh. Nah minyak yang berlebihan keluar itu melalui pori-pori pada kulit dan pasti wajah dong, dan jika gak dibersihkan pori-pori kulit bakalan tersumbat  dan sel kulit mati, kalo luka kaena jari usil suka "toel-toel" bisa kemasukan bakteri dan bisa menimbulkan peradangan. Nah itu bagian dari timbulnya jerawat.

Waduh nulisnya udah kayak dokter aja. Sok teu bangat. Moga-moga bener.

Eh,tapi tunggu dulu, setahu saya, ini juga pengalaman. Ada teman, baik cowok maupun cewek yang emang rasanya gak tumbuh jerawat, wajahnya kinclong aja. Kalau saya? Pernah lah, tumbuh jerawat. Satu atau dua di wajah. Tapi bukan karena jorok, mungkin karna mikir jorok kali ya? Eh, maksudnya secara biologis dia nongol aja, terus dibersihin dengan sabun dari dokter, ya udah ilang sendiri.

Kalo anak-anak ku yang udah pada gede, ada sih satu yang jerawatan. Tapi itu karena emang rada bandel, keluyuruan melulu. Mandi debu jadinya, jadi timbul yang tadi itu, kemasukan bakteri dan peradangan. Tapi bukan bisulan ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan