Mohon tunggu...
Valentina Febridwiputri
Valentina Febridwiputri Mohon Tunggu... Mahasiswa Administrasi Publik/Universitas Djuanda Bogor

saya senang membaca buku tetapi lebih spesifik novel, suka mendengarkan lagu yang viral-viral ataupun yang beat nya enak, suka belajar kalau itu pelajaran fav, sangat pelupa dengan hal kecil pun hehe....that is it

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pelayanan Mutasi Habis yang Responsif: Kunci Kesejahteraan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor

29 Agustus 2025   21:38 Diperbarui: 29 Agustus 2025   21:38 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pelayanan mutasi habis oleh Sub Bidang Pelayanan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) Kabupaten Bogor merupakan salah satu layanan strategis yang memegang peranan penting dalam pengelolaan pajak bumi dan bangunan. Pelayanan yang responsif dalam hal ini tidak hanya menjadi tolak ukur keberhasilan birokrasi, tetapi juga kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus pendapatan asli daerah (PAD). Responsivitas pelayanan mutasi habis sangat dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, terutama dalam urusan perpindahan hak atas tanah dan bangunan yang menjadi objek pajak. Dengan proses yang lebih cepat dan transparan, masyarakat dapat mengakses layanan ini tanpa hambatan, menghindari birokrasi yang berbelit-belit, dan meminimalisasi risiko kesalahan pengurusan dokumen. Pelayanan yang efektif ini juga memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan mereka sehingga berdampak positif pada keteraturan administrasi pajak daerah. Dengan demikian, tanpa Bidang Pelayanan yang mampu menjalankan peran ini secara konsisten dan profesional, visi dan misi Bappenda sebagai pengelola pajak daerah yang efektif dan efisien tidak akan tercapai secara maksimal. Bidang Pelayanan bukan hanya bagian dari birokrasi, melainkan aktor kunci yang menentukan keberhasilan pelayanan publik yang berdampak luas bagi kemajuan Kabupaten Bogor.

Inovasi prosedur layanan mutasi habis di Kabupaten Bogor, termasuk pemberian layanan satu hari "Loket Pasti" untuk mutasi habis dan pembetulan tanpa mengubah ketetapan pajak, adalah bentuk langkah nyata untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi juga dengan syarat yang harus dipenuhi oleh wajib pajak. Pendekatan seperti ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung kemudahan berusaha dan pelayanan prima tanpa mengorbankan transparansi dan akuntabilitas. Integrasi pengelolaan data dengan sistem Laporan Pengendali Alur Dokumen (LPAD) dalam Bidang Pelayanan juga menjadi inovasi penting yang menjamin keutuhan dan keamanan dokumen mutasi habis. Pendekatan sistematis ini memungkinkan pengendalian proses administrasi secara menyeluruh, meminimalisir risiko kehilangan data, dan meningkatkan kepercayaan wajib pajak terhadap pelayanan pemerintah. Dampak positif dari pelayanan mutasi habis yang responsif ini pun dirasakan langsung oleh masyarakat dan pemerintah. Masyarakat mendapatkan proses yang lebih mudah dan cepat sehingga dapat lebih fokus pada peningkatan kesejahteraan mereka. Sementara pemerintah daerah memperoleh perbaikan dalam pendapatan asli daerah melalui penerimaan pajak yang lebih tertib dan terkelola dengan baik. Salah satu pegawai di Bappenda juga menjelaskan "Pelayanan yang responsif itu bukan hanya menjadi tolak ukur keberhasilan dalam birokrasi, tetapi juga kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus pendapatan asli daerah (PAD). Sama halnya dengan LPAD mutasi habis ini menjadi kunci utama berjalannya proses pelayanan yang responsif, dimulai dengan LPAD dan berakhir kepada kepuasan masyarakat." Begitu ujarnya.

Namun, kesuksesan pelayanan ini juga bergantung pada kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan tepat waktu dan lengkap. Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya perpajakan serta proses mutasi habis harus terus digencarkan agar semakin banyak warga yang memahami dan memanfaatkan layanan ini. Dalam konteks pembangunan daerah, pelayanan mutasi habis yang responsif ini menjadi salah satu fondasi penting dalam meningkatkan pendapatan daerah yang pada akhirnya bisa dialokasikan kembali untuk pembangunan infrastruktur, layanan kesehatan, pendidikan, serta pemberdayaan masyarakat. Kabupaten Bogor dengan komitmen pelayanan publiknya yang semakin membaik, menunjukkan arah positif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Secara keseluruhan, pelayanan mutasi habis yang responsif bukan hanya soal urusan administrasi pajak semata, tetapi juga sebuah kunci strategis yang mampu memperkuat tatanan sosial-ekonomi daerah. Dengan pelayanan yang terus ditingkatkan, Kabupaten Bogor dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengelolaan pajak daerah yang efektif, efisien, dan berorientasi pada kesejahteraan bersama.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun