Mohon tunggu...
Valencia Yuniarti S.
Valencia Yuniarti S. Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Interested in media and communication studies || was blind but now i see✝️

Selanjutnya

Tutup

Digital

Helsingin Sanomat dan Perkembangan Media Online di Finlandia

22 September 2020   12:19 Diperbarui: 22 September 2020   12:40 18 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Helsingin Sanomat dan Perkembangan Media Online di Finlandia
Source: vecteezy

Finlandia merupakan negara dengan kebebasan pers terbaik kedua di dunia. Salah satu media terbaik di Finlandia, yaitu Helsingin Sanomat.

Perkembangan Media Online di Finlandia

Surat kabar pertama Finlandia dipublikasikan pada tahun 1771. Surat kabar tersebut bernama "Tidningar utgifne av et Sallskap I Abo" atau dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi "News Published by a Society in Turku". Surat kabar tersebut menjadi awal dari perkembangan media dan pers di Finlandia.

Source: wdl.org
Source: wdl.org

Artikel pertama ada surat kabar Finlandia membahas tentang persamaan bahasa antara Finlandia, Hungaria, dan Sami. 

Kemunculan surat kabar pertama ini, menjadi pelopor munculnya berbagai media di Finlandia. Sampai tahun 2020, terdapat 55 harian surat kabar yang ada di Finlandia.

Perkembangan internet di Finlandia dimulai sejak tahun 2000 di mana masyarakat telah menggunakan internet di kantor dan rumah. Sejak saat itu, media cetak mulai melihat peluang untuk melebarkan sayap ke media online.

Pada artikel ini, kita akan melihat perkembangan dari media online di Finlandia. Agar lebih jelas dan spesifik, kita akan membahas perkembangan dari salah satu media ternama di Finlandia, yaitu Helsingin Sanomat.

Source: hs.fi
Source: hs.fi

Helsingin Sanomat, Surat Kabar Ternama di Finlandia

Helsingin Sanomat merupakan surat kabar terbesar di Finlandia yang tidak terikat oleh sebuah partai politik. Dalam bahasa Indonesia, Sanomat berarti 'Surat Kabar'. Sedangkan, Helsinki merupakan sebuah nama kota di Finlandia. Oleh karena itu, Helsingin Sanomat dapat diterjemahkan sebagai Surat Kabar Helsinki.

Helsingin Sanomat dibentuk oleh Eero Erkko pada tahun 1889. Saat itu, nama dari surat kabar ini adalah Pivlehti. Perjalanan Helsingin Sanomat tidak selalu mulus. Pada tahun 1904, Helsingin Sanomat yang masih bernama Pivlehti dilarang terbit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN