Saat pertama kali memijakkan kaki di lobby sebuah hotel, kita akan disambut oleh staff Front Office yang bekerja.Â
Front Office sendiri merupakan salah satu department yang ada di hotel. Memegang peran yang sangat penting dalam operasional suatu hotel, Staff Front Office dituntut untuk dapat berpenampilan menawan serta memberikan pelayanan yang sangat memuaskan karena mereka adalah representatif hotel.
Front Office Department terdiri atas beberapa section yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Mari kita lihat beberapa section yang ada di department ini:
1. Greeter
Seperti namanya, seorang greeter akan stand by di pintu masuk lobby hotel dan menyambut tamu yang datang, lalu mengarahkan tamu tersebut ke Receptionist. Seorang greeter juga harus menguasai bahasa asing agar dapat melayani tamu asing saat menanyakan informasi seputar hotel.
2. Front Desk Agent / Receptionist
Seorang FDA atau Receptionist bertugas melayani check in dan check out tamu, transaksi tamu, dan memberikan informasi kepada tamu hotel. Receptionist bekerja sama dengan Housekeeping Department dalam mengelola kamar.
3. Telephone Operator
Seperti namanya, seorang telephone operator bertugas melayani tamu baik dari luar maupun dalam hotel. Sebagai pusat informasi, seorang telephone operator perlu memahami semua tentang hotel dan menghafal event event apa saja yang sedang diadakan dalam hotel tersebut. Mereka juga bertugas menghubungkan tamu dengan department lain di hotel seperti restoran, spa, gym, dll. Bila ada tamu yang meminta service Wake Up Call, seorang telephone operator yang akan melakukannya.
4. Bell Driver
Seorang Bell Driver bertugas dan bertanggung jawab dalam pengantaran dan penjemputan tamu dari bandara ke hotel atau hotel ke bandara. Seorang bell driver harus mengetahui rute jalan dan tempat wisata di kota.
5. Guest Relation Officer
Bertanggung jawab dalam memenuhi segala kebutuhan tamu VIP dan VVIP, seorang GRO wajib memiliki banyak keahlian seperti hubungan interpersonal yang baik, penguasaan bahasa asing, dan kreativitas.
Berbagai section diatas bertugas untuk menciptakan kesan dan pengalama menginap yang menyenangkan di sebuah hotel karena saat pertama kali tamu datang, yang pertama kali akan mereka lihat adalah staff Front Office.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI