Mohon tunggu...
usman efendi
usman efendi Mohon Tunggu... -

Saya bukan siapa-siapa, hanya manusia pembelajar, mencoba berbagi ilmu dan menambah ilmu untuk kebaikan dunia dan akhirat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Salesman Jongoszer vs Salesman Biasa

12 Agustus 2016   08:28 Diperbarui: 12 Agustus 2016   08:34 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

#Salesman Jongosers Senantiasa Membantu Memberi SolusiVS Salesman Biasa Fokus Pada Produk Yang Dijualnya Saja#

Semangat Pagi  Para sales Indonesia !

Masing ingat tulisan saya sebelumnya tentang pengertian JONGOS

Saya sebagai seorang salesman mendeklarasikan diri sebagai SALESMAN JONGOSZERS  karena Salesman yang tangguh, bahagia dan penuh manfaat itu adalah saya.

Sesuai dengan sub judul artikel ini #Salesman Jongosers Senantiasa Membantu Memberi Solusi VS Salesman Biasa Fokus Pada Produk Yang Dijualnya Saja#, saya mempunyai sebuah kisah. 

Suatu hari saya dihubungi seorang manager pembelian dari sebuah  perusahaan manufaktur yang berkantor di Jakarta meminta diberikan penawaran harga forklift untuk digunakan di pabriknya yang berada di luar kota, beliau kemudian  memberikan spesifikasi kebutuhannya yang diminta oleh end user dipabriknya.  singkat cerita saya berikan penawaran harganya, Namun sebelum proses ke negosiasi dan closing saya meminta izin untuk berkunjung ke pabrik yang berada diluar kota. Untuk memastikan bahwa forklift yang akan di gunakan sudah sesuia dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Ternyata data kebutuhan dan area operasional hasil survey yang saya dapatkan dilokasi  pabrik   berbeda  dengan spesifikasi yang diberikan manager pembelian tersebut, kalau dipaksakan cenderung unit forklift yang dibeli  akan tidak maksimal penggunaannya.  Akhirnya saya menyarankan untuk mengganti spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pabrik supaya unit forklift yang dibeli tidak sia-sia. Dengan memberikan data-data luas area pabrik, luas gudang dan tinggi penggunaan rak. Akhirnya mereka setuju dan  closing membeli forklift dengan spesifikasi yang disarankan hingga mereka  merasa puas atas apa yang saya lakukan.

Salesman Jongoser selalu mengedepankan memberikan solusi kepada pelanggannya, walaupun bisa saja solusi yang diberikan akan mengurangi nilai pembelian. Tetapi kebutuhan pelanggan lebih penting, dengan demikian pelanggan akan merasa terbantu dengan hadirnya salesman bukan sebaliknya seperti salesman biasa yang selalu telphone tiap waktu, memaksa untuk dibeli produknya, karena menghabisakn stock atau karena harganya sedang campaign, tetapi tidak memberikan solusi buat pelanggan. Alih-alih setelah produknya di beli ternyata salah spesifikasi bukan solusi yang di dapatkan malahan masalah yang di hadirkan.  

So...masih mau jadi salesman biasa...

Usman Efendi, S.T. C.STMI

Salesman Jongoser /Trainer & Writer 0813.1030.3944

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun