Mohon tunggu...
Usep Saeful Kamal
Usep Saeful Kamal Mohon Tunggu... Human Resources - Mengalir seperti air

Peminat masalah sosial, politik dan keagamaan. Tinggal di Depok.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aa Uman; Ayah Ideologis dan Guru Rohani (Bagian I)

20 Juli 2020   11:46 Diperbarui: 20 Juli 2020   11:58 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak terasa empat puluh hari sudah KH. U. Lukmanul Hakim pengasuh Paguon Nurul Gholabah Sangkali Cogreg Kec. Cikatomas Kab. Tasikmalaya meninggalkan kami. Aa Uman (sebutan saya kepada beliau) adalah guru sekaligus orang tua yang telah membimbing saya mengenali jalan menjadi manusia rohani, tentu dengan metodenya sendiri.

Pertama kali saya mendengar kata Aa Uman dari sahabat Hasan As'yarie, Heni Hendini, Devi Zaenal Muttaqin dan Basir Kuswandi yang kala itu sama-sama menjadi Pengurus Cabang PMII Tasikmalaya periode 2002-2003 dimana Sahabat Hasan sebagai ketua umumnya. Kata-kata itu semakin akrab ditelinga saya karena tidak jarang disebut setiap kali berdiskusi dan melakukan program kerja pengurus cabang ditengah segala keterbatasan, maklum saat itu kami sama-sama tinggal di sekretariat PMII.

Kali pertama saya dikenalkan kepada Aa Uman oleh sahabat Basir dan Devi. Saat itu saya menghampiri beliau yang kebetulan berada di salah satu sudut kantor PCNU Kota Tasikmalaya, dimana sekretariat PMII Tasikmalaya berada didalam kawasan itu. Beliau mengenakan jaket loreng, berambut panjang, celana jeans hitam, sepatu janggel, dan kaca mata hitam yang diselipkan dikaos oblong warna hitam.

Selepas saya diajak cium tangan beliau oleh sahabat Basir, dalam hati saya bergumam: "Ooh ini rupanya orang seringkali disebut-sebut dalam obrolan santai kami di sekre PMII, yang katanya kiai". Tanpa berpikir panjang, saya pun merasa bahagia karena disempatkan bertemu dengan orang yang namanya tersimpan dalam memori otak saya itu.

Pertemuan itu terjadi sesaat setelah kami melakukan pengecekan akhir bioskop Garuda, sebuah gedung tua dibilangan jalan dokter Soekarjo Kota Tasikmalaya sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan "Tasik Berisik" yang merupakan gawe bareng PC. PMII Tasikmalaya dengan "Komunitas Punk Dokar" melibatkan anak Punk dari berbagai daerah: Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan lainnya.

Masa-masa itu saya sendiri sudah memasuki semester akhir di Institut Agama Islam Cipasung, kampus tempat saya kuliah. Selain itu, dengan dukungan dari KH. Oban Hidayat pengasuh ponpes Nurul Hasanah Selebu Cipasung tempat saya mondok, saat libur ngaji atau setiap weekend saya memohon izin kiai Oban untuk melakukan aktifitas organisasi di PC PMII Tasikmalaya. Selama itu pula, nama Aa uman dan Sangkali menjadi akrab ditelinga saya, apalagi sudah sempat bertemu.

Karena penasaran, suatu saat saya meminta ke Sahabat Hasan (mas Hasan) untuk mengajak saya bila hendak sowan ke Aa Uman, maklum mas Hasan sudah sering sowan ke sana. Keinginan saya pun kesampaian, hari Kamis pagi kami janjian di Dokar untuk berangkat sowan ke Sangkali Cikatomas. Usai sholat Ashar kami langsung bergegas ke terminal Padayungan menggunakan angkot untuk ngejar naik bis TKM jurusan Tasikmalaya-Tawang.

Cerita Perjalanan

Kami tidak beruntung saat itu, karena bis yang dimaksud sudah lebih dahulu jalan. Akhirnya kami naik bis jurusan Tasik-Cikalong. Karena jalan mulai dari Urug hingga Cikatomas waktu itu belum beraspal hotmix, laju bis pun tidak bisa cepat. Walhasil, kami tiba di pamegatan yang kini berdiri POM bensin satu-satunya Cikatomas itu pukul 21.00. Sementara, dari situ ke Sangkali masih membutuhkan waktu lebih dari satu jam, apalagi saat itu jalan dari Pamegatan ke Sangkali masih tidak layak. Karena sudah tidak tersedia mobil angkutan umum, terpaksa kami menggunakan jasa ojeg yang mangkal disana.

Tanpa menunggu lama, kamipun dihampiri tukan ojeg disambut mas Hasan dengan perkataan: "ke a uman mang". Karena keterbatasan uang saat itu, kami berdua hanya bisa naik satu motor ojek, saya duduk ditengah diapit mang ojek dan mas Hasan. Sepanjang perjalanan kami bertiga ngobrol ngalor ngidul, jalan bergelombang pun nyaris tidak terasa lekuk-lekuknya. Akhirnya, kami tiba di Sangkali pukul 23.00, suasana kampung yang jauh dari keramaian betul-betul bisa kami nikmati saat itu.

Rasa ngantuk dan lelah selepas perjalanan lebih dari enam jam dari Tasik ke Sangkali menjadi hilang tatkala kami berdua bertemu muka dengan Aa Uman yang saat itu baru selesai riyadoh rutin malam jum'at bersama para santri paguron Nurul Gholabah. Kami pun langsung menghampiri sebuah saung beratap rumbia yang berdiri diatas kolam tak jauh dai rumahnya. Sebelum ngobrol apapun, tanpa jeda Aa langsung menyuruh kami makan layaknya dirumah sendiri. "Geus nepi kadieu mah ulah namu" (sudah sampai sini jangan bertindak sebagai tamu), kata Aa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun