Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Peg BUMN - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Pilihan

Ternyata Si Cerdas Artificial itu Tidak Cerdas-Cerdas Amat

17 Maret 2023   11:24 Diperbarui: 17 Maret 2023   11:52 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screenshoot tampilan Google tentang buku Luka dari Badar/sumber: dokpri

Saya pernah menulis tentang kehebatan si ChatGPT AI di artikel berjudul 'Tips Menulis Ala ChatGPT'. Saat itu saya terkagum-kagum dengan 'kecerdasan' si ChatGPT yang mampu menjawab pertanyaan saya. 

Saya mengajukan tiga pertanyaan; 'Apa yang harus saya lakukan jika saya kehilangan ide untuk menulis?', 'Kapan waktu yang tepat untuk menulis?', dan 'Bagaimana cara menghindari kesalahan saat menulis?'

Masing-masing pertanyaan dijawab dengan cepat (kurang dari 2 menit) dan tepat, dengan kalimat sederhana yang enak dibaca, tidak seperti terjemahan Google/translate. Walaupun jawabannya tersebut sangat normatif, atau jawaban yang teoritis.

Hari ini saya mencoba 'ngobrol' lagi denga si ChatGPT. Kali ini saya ingin tahu informasi apa yang dimiliki si ChatGPT tentang saya. Maka saya mengajukan pertanyaan, 'Jelaskan tentang Urip Widodo Tasikmalaya'.

Jawaban si ChatGPT adalah, 'Maaf, saya tidak dapat menemukan informasi yang spesifik mengenai "Urip Widodo Tasikmalaya" dari sumber-sumber terpercaya. Bisa Anda memberikan informasi lebih detail mengenai siapa Urip Widodo Tasikmalaya yang dimaksud sehingga saya dapat memberikan penjelasan yang lebih akurat?'

Lalu saya kasih petunjuk, 'Urip Widodo Penulis'.

Jawaban si ChatGPT: 'Terima kasih untuk informasinya. Namun, saya masih belum menemukan informasi yang spesifik mengenai Urip Widodo sebagai penulis. Ada banyak penulis yang menggunakan nama "Urip Widodo", dan saya tidak tahu apakah Anda merujuk pada seseorang yang spesifik. Apakah Anda memiliki informasi tambahan, seperti judul buku yang ditulis oleh Urip Widodo atau topik yang ia tulis? Dengan informasi tersebut, saya bisa memberikan penjelasan yang lebih akurat tentang Urip Widodo sebagai penulis.'

Walaupun saya kecewa, saya bisa memaklumi jawabannya seperti itu. Karena memang -- mungkin -- saya tidak seterkenal yang saya bayangkan, sehingga si ChatGPT 'mengenal' saya.

Namun jawaban berikutnya menunjukkan si ChatGPT ini 'ngaco'. Untuk lebih memberi petunjuk ke si ChatGPT, saya lalu menulis, 'penulis buku Luka dari Badar'. Karena memang saya pernah menulis buku dengan judul 'Luka dari Badar'.

Dan jawaban si ChatGPT adalah, 'Penulis buku "Luka dari Badar" adalah Hilman Hariwijaya. Buku ini merupakan sebuah novel sejarah yang mengangkat kisah perang Badar pada masa awal Islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun