Proses pembelajaran anak tidak dapat kita gantungkan pada aspek inteligensi atau kemampuan kognitif saja, melainkan kita harus mempengaruhi oleh aspek aspek lain seperti aspek sosial emosional ini.Â
Sikap atau aspek sosial emosional ini sangan berpengaruh pada prilaku anak kepada dirinya sendiri ataupun orang lain.Â
Pada usia anak usia dini ini anak mampu mengembangkan kemampuan sosial emosional ini.pembelajaran sosial emosional ini adalah proses berkembangnya keterampilan sikap,maupun nilai nilai yang di perlukan untuk mendapatkan kompetensi sosial dan emosional ini, selain itu sosial dan emosional ini merupakan sesuatu yang dapat kita jadikan sebagai awal ata dasar pemikiran seorang anak usia dini.Â
Selain itu pembelajaran sosial emosional ini dapat di jadikan sebagai dasar-dasar pendidikan, pendidikan sosial dan emosional ini berfungsi untuk mengajarkan kepada anak untuk lebih sadar pada dirinya sendiri dan harus mengetahui atau beradaptasi dengan lingkungan seitar mereka.Â
Pembelajaran sosial emosional ini juga sangat berpengaruh pada suatu lingkungan di mana anak itu dapat terpengaruh oleh lingkungan sekitar mereka.
Selain itu seseorang yang mempunyai sosial emosional yang baik jauh lebih bisa:
1.Menerima dan melakukan tantangan, misalnya, mengikuti perlombaanÂ
2.Lebih muda untuk belajar jadi setiap apa yang ia lakukan ia ia dapat mengambil kesimpulannya contohnya dalam sebuah permainan dia kalah nah dia bisa menyimpulkan bahwa stiap permainan pasi ada yang menang dan kalah.
3.Bersikap profesiona
4.Bersosialisasi orang yang mempunyai sifat sosial dan emosional yang tinggi mereka mampu besosialisasi dengan seseorang dengan cepat.Â
Jadi pembelajaran SEL ini tidak hanya fokus pada jangka pendek tetapi juga jangka panjang, ada ilmuan yang mengatakan bahwa program SEL harus sesuai dengan SAFE, yaitu