Mohon tunggu...
Universitas BSI
Universitas BSI Mohon Tunggu... Lainnya - Lembaga Pendidikan

Akun resmi Universitas Bina Sarana Informatika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Diri

15 Agustus 2022   17:00 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:12 46 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Universitas BSI

Lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi jadi impian semua orang. Namun perlu ketepatan dalam memilih jurusan saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini menjadi penting, agar tidak menyesal saat menjalaninya karena merasa salah jurusan. Sebelum memilih jurusan hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan jurusan yang sesuai dengan minat & bakat yang dimiliki.

Menurut Rektor Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Dr Ir Mochammad Wahyudi, bakat dan minat di bidang apa pun, memiliki peran yang sangat besar dan bermanfaat di masa depan, termasuk dalam memilih jurusan kuliah.
 
"Generasi muda akan menjadikan kuliah sebagai solusi untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang luas. Dengan berkuliah, generasi muda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Mulai dari menambah wawasan, membentuk karakter dan mengembangkan diri serta peluang berkarir menjadi lebih terbuka lebih luas," katanya.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

Ada beberapa cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi diri, silahkan simak beberapa point berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tentukan Jurusan Kuliah Sesuai Passion

Memilih jurusan kuliah, harus sesuai dengan minat dan bakat, karena jurusan kuliah yang dipilih akan memberikan pengaruh besar dalam dunia kerja. Setiap orang kebanyakan ingin sekali bekerja sesuai minat dan bakat atau passion.

2. Minta Saran Orang yang Lebih Berpengalaman

Sebelum mulai kuliah coba untuk meminta saran dan pengalaman dari orang yang terlebih dahulu sudah memilih jurusan tersebut. Dengan berkonsultasi pada mahasiswa atau orang yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut maka mereka tentu lebih tahu tentang prospek karir pada jurusan tersebut.

3. Pastikan Bukan Hanya Ikut-ikutan

Berkomitmen dan berpendirian teguh merupakan hal terpenting dalam hidup. Jangan ragu untuk mencari tahu terlebih dahulu detail dari jurusan yang akan dipilih. Berprinsip pada diri sendiri bahwa jurusan yang diambil benar atas keinginan pribadi bukan karena teman atau sahabat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan