Mohon tunggu...
Umsida Menyapa
Umsida Menyapa Mohon Tunggu... Jurnalis - Humas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Humas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rektor Umsida Sampaikan Sinergi dan Peningkatan AUM Pendidikan

7 November 2023   11:40 Diperbarui: 7 November 2023   12:18 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berada di tengah peserta Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo, Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) dan Pendidkan Nonformal (PNF), pada 4-5 November 2023, Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dr Hidayatulloh MSi memberikan penguatan mengenai AUM kepada seluruh peserta Rakerda yang tediri atas kepala sekolah, Majelis Dikdasmen dan PNF, dan Pimpinan PCM di lingkungan PDM Sidoarjo.

Rakerda yang diselenggarakan di Hotel Tanjung Plaza, Prigen, Pasuruan, ini mengusung tema "Menguatkan sinergi AUM Pendidikan dengan Persyarikatan Mewujudkan Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Berkemajuan."

Soroti Fenomena AUM Pendidikan

Hidayatulloh yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur ini menyorot pada berbagai fenomena yang terjadi di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) pendidikan di lingkungan PDM Sidoarjo. Dia pun menyampaikan materi dengan tema "Sinergi Penyelamatan, Pengembangan, dan Peningkatan AUM Pendidikan" yang menjadi turunan dari tema besar Rakerda.

Hal pertama yang disampaikan Hidayatulloh adalah membangkitkan kesadaran dari posisi masing-masing personel dalam pelaksanaan program pendidikan di Muhammadiyah, yakni sebagai Persyarikatan, Majelis Dikdasmen, dan AUM pendidikan. Kesadaran akan posisi tersebut perlu dikedepankan agar tidak terjadi overlapping.

"Persyarikatan itu poisisinya di mana dan melakukan apa, demikian juga juga dengan Majelis Dikdasmen dan AUM pendidikan," tutur Hidayatulloh.


Karena pentingnya mewujdukan kesadaran akan posisi tersebut, Hidayatulloh menegaskan bahwa penguasaan atas pedoman penyelenggaraan pendidikan menjadi urgent untuk dilakukan.

"Silahkan dibaca di berbagai pedoman pelaksanaan yang diterbitkan baik Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, PDM Sidoarjo, dan masing-masing PCM," lanjutnya.

Masing-masing pedoman tersebut, dalam konteks AUM pendidikan merupakan turunan dari visi pengembangan pendidikan Muhamamdiyah.

Baca juga: 17 Mahasiswa Umsida Jadi Pilot Project Festival Bandeng Asap

Visi pengembangan pendidikan terwujudnya transformasi DIKDASMEN PNF berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai karakter utama, holistik, dan integratif, serta menghasilkan lulusan yang berkemajuan dengan etos pembelajar sepanjang hayat untuk memacu prestasi belajar, sehingga memiliki daya saing, dan mampu menjawab kebutuhan zaman dengan tata kelola pendidikan yang unggul, inklusif, dan berdaya saing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun