Mohon tunggu...
UMI KULSUM
UMI KULSUM Mohon Tunggu... Guru - GURU SDN 2 LOGANDU KARANGGAYAM

Saya suka bersama anak anak , senang membaca serta berharap selalu mendapat ilmu baru

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Sate Ambal Pak Kasman Kebumen Terkenal, Simak Apa Rahasianya?

21 Mei 2024   15:45 Diperbarui: 21 Mei 2024   16:19 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Rabu  8 Mei  2024 pagi hari saya berkeliling menuju ke Ambal bersama rekan lainya.  Kebetulan di sana ada agenda mengikuti seminar guru yang bertajuk "Menyediakan Ruang Tumbuh Mental Berdaya Saing Bagi Generasi Emas" di SMKN 1 Ambal Kebumen.

Sepulang dari seminar saya sengaja mampir ke warung Pak Kasman. Warung yang menjual daging sate. Sate yang berada di Desa Ambal Kabupaten Kebumen ini adalah sate ayam Ambal. Sate ini adalah kuliner khas Kebumen yang sangat terkenal oleh pecinta sate. Sesuai dengan namanya, Sate Ambal berasal dari Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal.

Warung sate ini dapat dijumpai di jalan Deandles Ambal. Jalan ini merupakan jalur alternatif untuk menjangkau kota seperti Purwokerto, Cilacap. Yogyakarta. Hal ini tidaklah sulit untuk menjumpainya karena terjangkau di tempat strategis.

Memiliki Ciri Khas Cara Pengolahanya

Sate ini terkenal karena memiliki ciri khas pengolahanya. Cara mengolah sate ini tidaklah sulit. Yang membedakan dari sate lainya yaitu menggunakan bumbu rempah-rempah. Dalam mengolah sate ini yaitu, daging dibakar di atas bara api. Daging yang digunakan telah dimasak terlebih dahulu, tentu saja daging sate ini akan terasa lebih gurih. Memiliki tekstur yang lembut kendati belum dibakar. Pada saat dibakar sangat menggiurkan untuk segera dicicipi.

Sebelum dipanggang sate ini harus direndam dengan racikan yang terbuat dari sambal kecap, gula merah dan rempah biasa. Ketika Sate Ambal dipanggang di atas bara api diolesi bumbu itu. Dengan tujuan rasanya meresap hingga ke bagian dalam daging.


Aroma Sate yang Membuat Pelanggan Setia

Sate Ambal disantap dengan kuah encer yang rasanya gurih. Terdapat campuran tempe yang dihaluskan serta diberi bumbu yang bermacam-macam. Bumbu bumbu yang beraroma ini disajikan terpisah. Bahkan bisa juga disajikan dengan tambahan lainya sesuai selera. Dengan rahasia bumbu rempah yang menggiurkan untuk dicicipi, akan mengundang para pelanggan setia. Pembeli yang datang selalu ramai, kedai sate Pak kasman ini tak pernah sepi sama sekali.

Saya menikmatinya dengan lahap. Banyak dirasakan keberuntungan makan sate ayam di kedai Pak Kasman antara lain dapat menikmati suasana lingkungan yang tenang sambil makan sate.

Cara Efektik Pengolahan Sate Ambal

Selain itu saya juga dapat informasi cara memasak sate ayam ambal. Sambil menikmati hidangan sate saya berbincang-bincang santai dengan penjualnya. Di sana saya jadi banyak belajar cara membuat Sate Ambal yang dimaksud. Caranya lumuri ayam dengan kecap manis, minyak goreng dan bumbu halus diamkan selama beberapa menit kurang lebihnya 45 menit  saja. Sambil menantikan bumbu meresap ke dalam daging maka kita membuat saus tempe. Caranya haluskan bawang merah dan bawang putih, cabai merah keriting, garam dan gula merah. Kemudian tambahkan tempe, aduk rata, tuangkan air. Masak sampai matang terasa empuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun