Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Perubahan Kantor Imigrasi Tangerang Setelah 5 Tahun Lalu

19 Oktober 2019   19:09 Diperbarui: 19 Oktober 2019   19:16 0 1 1 Mohon Tunggu...
Perubahan Kantor Imigrasi Tangerang Setelah 5 Tahun Lalu
Kantor Imigrasi Tangerang

5 tahun lalu tulisan ku mengenai mengurus paspor online pernah menjadi headline dan tentu saja tulisan itu berpengaruh terhadap penyelesaian persoalan saat itu, masalahnya selesai dan ternyata setelah itu masih banyak orang-orang yang menghubungi ku dengan kasus serupa.

15 tahun lalu mengunjungi kantor imigrasi membuat aku malas, mendingan pakai calo saja toh lebih irit. Kaki baru melangkah memasuki gerbang kantor imigrasi, aku sudah disamperin banyak orang "mau dibantu mbak?" ya semua pasti tahu mereka itu calo. 

15 tahun lalu calo begitu bebas berkeliaran disana dan hal inilah yang membuat aku 15 tahun lalu membuat paspor lebih gampang lewat calo.

10 tahun lalu aku mendengar kalau imigrasi melakukan perombakan birokrasi, membuat paspor sudah lebih mudah dan itu katanya abru hanya di beberapa kantor imigrasi saja. 

Well, Imigrasi Jakarta Selatan katanya dan wow ruame banget disana dan yes memang tak ada orang yang menyambut di depan pagar "ada yang bisa di bantu mbak?". Tahun itu membuat paspor sudah online, dari website kita bisa submit semua data-data kita dan segera datang ke kantor imigrasi untuk proses photo.

5 Tahun lalu pun masih sama mendaftar online lewat website, dan untuk pertama kalinya aku mengunjungi Kantor Imigrasi Tangerang. Dulu kantornya masih kecil, kantin penuh sesak dan ada musholla kecil berdekatan dengan kantin. 

Konon ceritanya salah satu kantor imigrasi yang sudah steril dari praktek-praktek korupsi, bahkan kebijakan Kepala Kantor Imigrasi Tangerang saat itu dalam memberikan solusi bagi permasalahan paspor suami cukup membuat aku yakin bahwa kantor imigrasi Tangerang memang berjuang untuk terus berbenah. 

Komitmen ini terus ditingkatkan ternyata, yup! setelah 5 tahun tak berkunjung ke kantor imigrasi Tangerang akhirnya beberapa waktu lalu kami mengunjungi kembali akantor imigrasi Tangerang untuk mengurus perpanjangan paspor. 

Dan wow ternyata sudah banyak perubahan dibagian depan ada Customer Care buat kita bertanya apa saja terkait urusan imigrasi. Nah lalu apa saja sih perubahan selama 5 tahun ini ?

  • Cara Daftar Online, dulu daftar online submit data, lalu web sering susah diakses dan kadang datang ke kantor imigrasi sudah kehabisan kuota. Akhirnya imigrasi mengubah sistem dengan cara setiap pengajuan paspor harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Caranya semula mendaftar dengan nomor whatsapp tapi tak lama kemudian cara ini dianggap gak efektif lalu dimunculkanlah sebuah aplikasi untuk mengambil antrian. 
  • Ambil nomor antrian via aplikasi : uniknya antrian baru bisa kita ambil setiap hari jumat pukul 14.00 wib sampai hari minggu pukul 16.00 wib. dan karena semua menumpuk pada satu waktu bisa di tebak aplikasi akan loading lama jadi bersabarlah hehe, inshaallah dapat kok. Pokoknya refresh aja terus dan pastikan kalian mengaksesnya pada posisi terdekat dari wilayah yang kalian inginkan. Soalnya aplikasi mendeteksi kantor imigrasi terdekat berdasarkan GPS. Misal beberapa waktu lalu aku sedang berada di Bogor maka yang keluar adalah kantor imigrasi sekitar Jawa Barat, sementara aku mau memilih Tangerang maka enggak muncul dong hiiks.
  • 1 Device 1 Akun : uniknya lagi nih aplikasi ini hanya bisa daftar 1 akun saja, jadi gak bisa kek sosial media ges which is kalian bisa bikin akun sampe banyak ya kan. 
  • Oh iya selain menggunakan aplikasi bisa juga ambil antrian via website antrian.imigrasi.go.id tapi mau nangis ges lelet sumelelet 
  • 1 Akun untuk 5 Antrian, jadi 1 akun hanya bisa daftar 5 pengajuan dan itu harus di satu kantor imigrasi, jadi kalau butuh banyak kalian harus bikin banyak akun di gadget yang beda ya

Sementara itu aku senang banget berada di kantor imigrasi Tangerang karena memang banyak banget perubahn yang wow banget, dan aku rekomendasikan banget kalian membuat paspor disini. Mau tahu apa aja yang bikin hepi di kantor imigrasi Tangerang?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x