Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Bosku Terjebak Wawancara Palsu, Ingat Tips Ini Supaya Tidak Tertipu

8 Oktober 2019   16:12 Diperbarui: 8 Oktober 2019   16:32 0 3 1 Mohon Tunggu...
Bosku Terjebak Wawancara Palsu, Ingat Tips Ini Supaya Tidak Tertipu
ilustrasi: entrepreneur.com diedit kembali by ulihape

Ini bukan cerita baru, bukan modus baru tapi para penipu masih saja terus bergerilya menyebar undangan wawancara palsu yang mengakibatkan kerugian bagi seseorang.

Duh! Kok bisa sih li kena tipu? 

Selalu ada situasi dimana kita uncontrol terhadap sesuatu dan penyebabnya ada banyak, penipu selalu menunggu momen itu. Misal hari ini tuh aku lagi kepikiran banget buat dapat duit, tetiba ada yang menelpon, nah rasanya tuh kek diijabah tuhan kan keinginan ini. Untungnya aku masih waras karena merasa bahwa nomor telepon ku yang dihubungi penipu adalah nomor yang ada di HP jadul which is gak pernah ada aplikasi fintech. Coba aja kalau tadi benar? Kebayangkan aku bisa lalai karena pas momennya.

Jadi ceritanya mantan bos ku sudah enggak betah berada di sebuah perusahaan dimana aku dulu adalah anak buahnya. Ingin keluar dari situasi yang tak enak akhirnya bosku melamar kesana kemari dan kalian tahukan ada head hunter? Jadi ini semacam konsultan gitu yang mencari orang-orang dengan keahlian khusus dan biasanya jabatannya Manager up gitu deh.

Akupun beberapa kali sih dihubungi Head Hunter, nah mereka ini kliennya perusahaan-perusahaan besar dan biasa memang mereka akan menghubungi kita menawarkan jabatan dan mengadakan perjanjian interview. Bahkan karena posisi yang mereka cari Manager UP tak jarang pertemuan wawancara itu dilakukan di hotel atau tempat yang keren.

Siang itu ada email masuk dari salah satu Head Hunter, melihat posisi yang ditawarkan juga adalah Direktur which is sesuai banget dengan posisi saat itu dan bidangnya juga masih di perkebunan kelapa sawit. Di email itu ditawarkan posisi OK dan perusahaan OK which is aku juga tahulah perusahaan itu. Saat itu aku hanya bilang ya udah pak oke-in ajalah daripada disini Bapak kan udah gak betah.

Singkat cerita seminggu kemudian bos bilang mau ke sebuah kota untuk wawancara dan meminta aku membuatkan invoice penggantian biaya hotel dan pesawat, saat mendengar perintah itu aku langsung teriak "whaaaat!" keknya bapak ketipu deh. Akupun menelpon hotel yang tertera dalam email dan hasilnya zonk! 

Lalu aku coba hubungi perusahaan tersebut sama hasilnya juga zonk!. Pihak hotel dan perusahaan mengakui beberapa kali mereka mendapat konfirmasi senada. Mau blokir nomor rekening? Ribet ges harus lapor ke kepolisian lalu jumlah dibawah lima juta mah bakalan ga seimbang deh sama ngurusinnya.

So please guys mau siapapun yang nawari lu kerjaan mau apapun jabatannya tetaplah berhati-hati. Kadangkala saking pengennya resign kita udah gak mikir lagi apa-apa, atau karena baru lulus ambisi segera bekerja membuat lupa untuk cross check.

So buat kalian yang sedang mencari kerja jangan sampai tertipu, ikuti tips aku berikut ya :

  • Catatlah posisi yang dilamar serta apa perusahaannya, sehingga bila ada email amak kalian bisa langsung cocokkan dengan data yang sudah kalian catat.
  • Cek Perusahaan, bila sudah ada email dan telepon sebaiknya segera googling dengan menggunakan keyword "penipuan perusahaan xxx" aku biasa melakukannya jadi kalau tidak ada muncul kalian bisa mempertimbangkannya.
  • Tidak ada biaya apapun : ingatlah kita ini pencari kerja jadi dimana-mana itu enggak akan ada namanya kita dimintai uang dulu. Lain hal ya kalau kita membuat administrasi yang dibutuhkan. Namun sebagai pencari kerja hak kita sudah diatur dalam UU bahwa tak ada pungutan apapun. Dalam UU No. 13 tahun 2013 Pasal 53 yang berbunyi "Segala hal dan/atau biaya yang diperlukan bagi pelaksanaan pembuatan perjanjian kerja dilaksanakan oleh dan menjadi tanggung jawab pengusaha" . Nah jadi jangan mau nalangi biaya apapun ya.
  • Share ke Teman, enggak usah khawatir ditikung kalo lu udah ragu ya langsung share ke teman cari refrensi, biasanya akan ada saja pendapat teman yang bisa jadi bahan pertimbangan kita

Well, itu dulu sharing hari ini, jadi penipu itu enggak lihat lu fresh graduate apa enggak buktinya bosku yang udah pengalaman saja kena. So selalu waspada ya teman!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x