Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

5 Tips Sederhana Tetap "Strong" Selama Ramadhan ala Working Mommy

7 Mei 2019   05:13 Diperbarui: 7 Mei 2019   05:54 0 6 3 Mohon Tunggu...
5 Tips Sederhana Tetap "Strong" Selama Ramadhan ala Working Mommy
By ulihape

Well mom's apapun ceritanya emak kudu strong right ?

Sebenarnya urusan menjaga kesehatan bukan saja dibahas saat Ramadhan, especially for me..nope..nope. Aku pribadi merasa puasa itu sama dengan bulan lain, karena memang jam tubuh enggak berubah.

Setiap hari aku memang bangun jam 3 dini hari, bukan..bukan karena jadi emak-emak minimalis tanpa asisten, melainkan sejak gadis dulu memang demikian ritmenya. Hanya saja kegiatan di dalamnya yang menyesuaikan. Dulu setiap hari aku bangun jam 3 dini hari untuk berbincang mesra dengan sang pencipta dan setelah menikah kegiatan jam 3 dini hari menjadi kegiatan yang 'hot' karena aku berteman dengan kompor, kuali dan alat lain untuk memasak. Inshaallah keduanya punya nilai ibadah ya aamiin.

Tapi buat sebagian orang, Ramadhan itu jadi istimewa karena biasanya enggak bangun buat masak eh terpaksa bangun, yang tadinya berangkat kantor jam 7 eh mendadak agak pagian. Ritme jam tubuh mengalami perubahan dan biasanya sesuatu yang baru membuat tubuh beradaptasi lagi makanya jangan heran di 10 hari pertama puasa banyak deh teman yang jatuh sakit, anak-anak mulai enggak puasa karena demam.

Nah ini aku kasih tips sederhana buat para working mommy yang masih kaget dengan perubahan selama Ramadhan, semoga semua working mommy bisa menemani keluarga berpuasa dengan baik yes.

TIDUR CUKUP
Lu mah li, sudahlah kurang tidur karena bangun harus lebih awal eh malah disuruh tidur yang cukup. Iya..iya hei tidur itu bukan hanya tentang memejamkan mata di malam hari. Saat ini kita sering buang waktu dengan gadget. Ngeh gak sih lu scroll sosial media dengan niat iseng saja bisa ngabisin 1 jam? Kalao 1 jam nya digunakan memejamkan mata gimana ?

Buat working mommy pastinya kita punya jam perjalanan menuju kantor, nah usahakan memejamkan mata selama perjalanan baik berangkat atau pulang. Stop dulu mainin gadgetnya. Katakanlah perjalanan PP bisa 60 menit memejamkan mata itu sudah termasuk istirahat. Lalu sehabis tarawih usahakan langsung tidur jam 21.00 wib dan bangun lagi jam 03.00 Wib, nah jumlah istirahatnya sudah dapatkan 7 jam. Yaela bukan baby toh yang harus punya 10 jam tidur baru ceria ? 

SIAPKAN MENU SAHUR SEDERHANA
Aku selalu menyusun menu sahur yang simple, dan akan memudahkan kalau kita sudah melakukan #FoodPreparation ini jelas menghemat waktu. Sayur bening is a must supaya badan tetap segar, buah-buahan kalau pada doyan, lauknya bisa ayam goreng, ikan goreng , untuk anak-anak nugget is the best. Nah sekarang apalagi mom's kalian bisa andalkan layananan jasa beli makanan online. Dijaminlah gak akan lelah, modal kuota sama deposit hehe.

MENU BERBUKA BELI AJA
Dulu tuh aku maksain banget jadi working mom sempurna maha paripurna haha jadilah aku saat sahur masaknya rempong karena aku memasak buat berbuka juga. Suami nanti akan membantu menghangatkannya. Tapi yang terjadi pak suami over cooked, wujud masakan sudah enggak menggoda, tambah lagi menahan kecewa hehe. Alhasil sejak dua tahun lalu urusan menu berbuka serahkan pada warung-warung yang juga masak menu spesial selama Ramadhan hehe. Jalan menuju ke rumah aku akan mampir membeli masakan atau minta tolong suami dan mengandalkan jasa beli makanan online. Pokoknya jadikan simple aja.

TETAP BAHAGIA
Jadilah ibu yang bahagia. Seriously ini adalah koentji, aku merasa coz i am happy maka seisi rumah jadi bahagia. Suami gak protes, anak-anak juga enggak rewel. Ketika Ibu bisa menguasai dirinya maka akan mudah menguasai seluruh anggota keluarga. Menjadi bahagia itu gampang kok, bersyukur dan menerima apa adanya diri kita. Inshaallah semua akan indah kok, believe me. Jiwa yang bahagia otomatis memiliki energi positif dan ini akan bikin working mom's tetap prima.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2