Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

24 Maret: Hari TB(C) Sedunia

24 Maret 2016   11:24 Diperbarui: 24 Maret 2016   11:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

22 Maret kemarin saya mengikuti sebuah acara Kementerian Kesehatan, bertemakan memperingati Hari TB (Tuberkulosis) Sedunia yang jatuh pada hari ini 24 Maret. Departemen Litbangkes mengajak para blogger untuk membantu mensosialisasikan hari TB Sedunia, kenyataannya adalah ada 1,7 juta jiwa yang melayang setiap tahun dikarenakan penyakit TB.

[caption caption="Kampanye Hari TB Sedunia"][/caption]Kementerian Kesehatan mengambil tema Hari TB 2016 melalu "Gerakan "Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis" atau yang disingkat dengan #TOSS TB# sedangkan Tema International tahun ini adalah :Unite to End TB". 

 

Mengapa 24 Maret ? 

Dikisahkan seorang ilmuwan Dr. Robert Koch pada tanggal 14 Maret 1882 menemukan penyebab dari penyakit dari Tuberkulosis ini yaitu disebabkan oleh bakteri "Mycobacterium tuberculosis" dimana saat itu sedang mewabah di Amerika dan Eropa, saat itu 1 dari 7 orang yang mengalami TB meninggal dunia. Dan pada tahun 1905 beliau mendapatkan Nobel "Phsyology of Medicine". Karenanya untuk mengenang jasa beliau ini diperingatilah Hari TB Sedunia pada tanggal 24 Maret, semua negara yang bernaung di PBB melakukan peringatan ini.

[caption caption="Kenali TB sejak dini"]

[/caption]

Sekilas Tentang TB

  • Tuberkulosis = TB = TBC
  • Penyakit yang menular langsung dari udara tanpa harus melewati kontak fisik
  • Disebabkanoleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis)
  • Dapat Disembuhkan
  • Bukan penyakit kutukan
  • Bukan juga penyakit keturunan
  • Sebagian besar kuman TB menyerang paru-paru, tetapi bisa juga menyerang organ lainnya (extra paru) seperti tulang, kelenjar, kulit, usus dan lain-lain.
  • TB bisa menyerang siapa saja, anak-anak dan terutama usia produktif (15-50 tahun)
  • TB akan menyebabkan kematian apabila tidak dilakukan pengobatan

 

Apakah badan kurus akan selalu menjadi ciri khas TB ? tidak selalu, tetapi memnag perlu diwaspadai karena berat badan yang tidak mengalami kenaikan merupakan salah satu ciri khas penyakit TB, cek gejala TB berikut.

 

Gejala TB

  • Batuk berdahak selama 2-3 minggu lamanya, karena bila kita mengalami batuk berdaha alangkah baiknya ketika batuk kita menghindari keramaian, atau menutup mulut menggunakan sapu tangan. Hal ini disampaikan Dr. Asik Surya MPPM, bahwa sebenarnya dalam bidang kesehatan ada istilah "etika batuk" hal ini tentu disebabkan batuk dengan sembarangan bisa mengeluarkan bakteri keudara , bersin dan berbicara bahkan diperkirakan mengeluarkan partikel bakteri yang tidak baik.
  • Batuk berdahak disertai darah, sesak nafas yang tak kunjung sembuh
  • Badan meriang, bahkan menyebabkan panas yang naik turuan selama sebulan lebih bisa kita curigai kearah TB
  • Nafsu makan menurun diikuti penurunan berat badan
  • Berkeringat pada malam hari padahal cuaca tidak panas

 

Untuk mendapatkan diagnosa TB tidaklah semuda gejala diatas. Anak saya sendiri pernah dicurigai mengidap TB, dan saya butuh 3 bulan lamanya untuk memastikan bahwa anak saya negatif TB. Akan ada sistem skoring , kita mengamati selama sebulan kebiasan batuk anak kita, setelahnya dilakukan test mantoux dan rontgen paru.

Bagaimana pengobatannya? Karena ini adalah maslaah dunia, maka hampir disetiap negara memiliki program untuk pengobatan TB ini dengan GRATIS, bisa dipuskesma maupun di Rumah Sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x