Mohon tunggu...
Ulfia Testiana
Ulfia Testiana Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 4 Talang Kelapa Banyuasin

Saya adalah guru bahasa Inggris di SMPN 4 Talang Kelapa. Saat ini saya sedang menempuh PPG dalam jabatan angkatan ke-3 di Universitas Jambi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Inovasi Pembelajaran

9 Februari 2024   23:22 Diperbarui: 9 Februari 2024   23:40 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran

       Kegiatan PPL siklus 2 pada hari senin tanggal 22 Januari 2024 pukul 09.00 WIB di SMPN 4 Talang Kelapa Kelas VII dan dipantau oleh DPL (Ma'am Indri Anastasia, S.S.,M.A) dan GP (Ma'am Dr. Yulia, M.Pd) melalui sit in lewat aplikasi zoom sudah saya laksanakan dan telah berjalan dengan lancar. Dalam kegiatan PPL Siklus 2 materi pembelajaran yang saya terapkan yaitu mengenai School Building (Giving Direction) dimana tujuan pembelajarannya  yaitu :

  • Peserta didik mampu melengkapi kalimat sederhana "School Building (Giving Direction") dengan tepat
  • Peserta didik mampu membuat sebuah kalimat sederhana (descriptive text) "School Building (Giving Direction) dengan benar

     Pada kegiatan pembelajaran tersebut saya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Menurut Siswantoro (Aulia & Budiarti 2022) pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks yang diberikan oleh guru untuk siswa agar dapat belajar berfikir kritis dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya. Penggunaan model pembelajaran sangat dianjurkan guna menimbulkan semangat belajar, motivasi belajar, merangsang siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran.

     Saya menggunakan metode diskusi dan presentasi yang bertujuan agar peserta didik aktif dalam mencari solusi dan dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan materi School Building (Giving Direction). Hal ini dapat meningkatkan motivasi peserta didik karena pembelajaran berkaitan langsung dengan konteks kehidupan mereka. Media yang saya gunakan yaitu media audio-visual (berupa gambar dan tayangan video), serta menampilkan presentasi mengajar dengan menggunakan aplikasi Canva untuk membantu menstimulus peserta didik agar mampu menarik minat belajar peserta didik dan mampu membangunkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Dalam pembelajaran descriptive text ini, pemanfaatan teknologi (TPACK) yang digunakan untuk menampilkan video melalui youtube dan untuk menampilkan slideshow menggunakan aplikasi Canva tentang materi descriptive text. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) ini merupakan suatu kerangka kerja yang mengintegrasikan antara pengetahuan materi, pedagogik dan teknologi dalam konteks pembelajaran dan pengajaran tertentu (Oktaviana, E. 2021). TPACK ini juga suatu pengetahuan baru bagi pendidik dalam rangka untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, dapat mengembangkan lingkungan belajar yang baik dan tentunya pendidik dapat mengintegrasikan teknologi dengan tepat, guna untuk mengimplementasikan pengetahuan pedagogis dalam mengajar.

Dengan penggunaan media elektronik peserta didik menjadi tertarik dan mudah untuk topik pembelajaran descriptive text "School Building". Hal ini terlihat saat guru menyampaikan materi didepan kelas, dan peserta didik cukup antusias dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan interaktif seperti ketika guru meminta peserta didik mengidentifikasi memberi arah / petunjuk lokasi (Giving Direction).

Media wordwall merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan vocabulary. Wordwall adalah kumpulan kosakata yang terorganisir secara sistematis yang ditampilkan dengan huruf yang besar dan ditempelkan pada dinding suatu kelas. (Elyas Putri et al., 2021). Kelebihan dari game wordwall yaitu memiliki berbagai fitur dan sangat fleksibel, dapat menarik perhatian siswa karena bersifat permainan, dapat digunakan dalam semua mata pelajaran, membuat siswa berkreativitas, membangun karakter bekerja sama dengan teman, dan pelaksanaan yang sederhana. Sedangkan kekurangan dari game wordwall yaitu membuat permainan dalam wordwall membutuhkan waktu yang cukup lama, karena antusiasnya siswa maka guru mungkin akan kewalahan dalam menertibkan siswa.

Dalam menguasai bahasa Inggris, diperlukan 4 keterampilan yang wajib dikuasai yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis.  Untuk memudahkan anak dalam mempelajari bahasa, maka diperlukan1 pemahaman mengenai kosakata yang merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran suatu bahasa, sehingga penting bagi seseorang untuk menguasai dan terus meningkatkan kemampuan bahasanya. Penguasaan vocabulary juga akan mendukung kegiatan siswa dalam mengemukakan pendapat, serta mengutarakan maksud dan tujuan (Azizah, 2020)

  • Hal Baik/Manfaat dari Inovasi Pembelajaran

Hal-hal baik/manfaat yang saya dan peserta didik rasakan saat inovasi pembelajaran berlangsung :

Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), metode diskusi dan presentasi, dan media audio-visual yang cukup efektif digunakan karena mampu menarik minat belajar peserta didik karena peserta didik terlibat dalam penyelesaian masalah dunia nyata yang relevan bagi mereka. Model ini dapat meningkatkan motivasi intrinsik sehingga membangunkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang sebelumnya saya hanya menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajar dan hanya memakai buku.

Berdasarkan hasil kegiatan PPL Siklus 2 yang saya lakukan, penggunaan metode diskusi dan presentasi ini dapat dilihat peningkatan dalam keterampilan komunikasi juga mampu membuat peserta didik merasa ada proses pembelajaran yang baru yang membuat mereka senang dan tertarik. Peserta didik belajar untuk mengkomunikasikan ide dan pemikiran mereka secara jelas dan efektif didepan teman-temannya. Sehingga dapat mendorong peserta didik untuk bekerja sama, berbagi ide, mendiskusikan solusi, dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran (terbukti dari hasil lembar observasi peserta didik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun