Mohon tunggu...
DHD Farm Indonesia
DHD Farm Indonesia Mohon Tunggu... Budidaya Lele Organik Sistem Kemitraan yang Saling Menguntungkan

Usaha budidaya lele biofloc https://www.facebook.com/pengusahalelecerdas

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mencari Pakan Ikan Alternatif

1 Februari 2019   22:07 Diperbarui: 1 Februari 2019   22:46 318 1 2 Mohon Tunggu...

Bayangkan Anda diundang makan siang prasmanan dan satu-satunya menu adalah makanan yang tidak dapat Anda nikmati. Menurut Anda, berapa banyak yang akan Anda makan?

Meskipun mungkin memenuhi syarat sebagai makanan yang luar biasa dan bergizi, tapi Anda merasa tidak perlu menyantapnya. 

Sekarang, bayangkan jika Anda adalah seekor ikan dalam kolam yang penuh dengan makanan yang tidak akan mau Anda sentuh. 

Mengurangi ketergantungan pada protein dan minyak ikan laut yang ditangkap untuk pakan ikan adalah tujuan penting dalam budidaya ikan. Tetapi ikan pilih-pilih tentang makanan mereka, dan ahli gizi ikan perlu menemukan makanan bergizi, rendah tepung ikan dan minyak, yang akan dimakan oleh ikan peliharaan.

Permintaan yang Berkembang

Pakan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan kehidupan. Jika ikan tidak makan dengan baik, mereka tidak akan tumbuh dan berkembang. Tambak ikan komersial mengandalkan pakan yang sekarang menyertakan tepung ikan sebagai sumber utama protein dan minyak. 

Pelet pakan kaya protein dan lipid yang digunakan untuk ikan budidaya secara tradisional dibuat sebagian dari spesies ikan kecil bertulang, seperti menhaden, herring, dan capelin. Makanan hewan dan makanan untuk babi dan unggas juga secara tradisional menggunakan tepung dan minyak ikan. 

Dan karena semakin banyak orang di dunia beralih ke ikan sebagai sumber protein tanpa lemak, mereka mendorong pertumbuhan akuakultur di seluruh dunia; akuakultur sekarang memasok setengah dari makanan laut yang diproduksi untuk konsumsi manusia. 

Dengan demikian, permintaan protein dan lipid untuk makanan ikan telah meningkat sementara pasokan tepung ikan laut tidak meningkat, menyebabkan lebih banyak tekanan dan kenaikan harga pada pasokan pakan ikan yang terbatas. 

Pengganti tepung ikan dan minyak ikan diperlukan untuk mendukung budidaya berkelanjutan. Ilmuwan akuakultur budidaya Layanan Penelitian Pertanian (ARS) bekerja untuk mengembangkan pakan ikan yang tidak termasuk tepung ikan. 

Sejak November 2007, Departemen Pertanian AS (USDA) dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional telah terlibat dalam Prakarsa Pakan Alternatif untuk mempercepat pengembangan pakan alternatif untuk akuakultur. 

Tujuan inisiatif ini adalah "untuk mengidentifikasi bahan makanan alternatif yang akan mengurangi jumlah tepung ikan dan minyak ikan yang terkandung dalam pakan akuakultur sambil mempertahankan manfaat kesehatan bagi manusia yang penting dari hasil laut yang dibudidayakan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN