Mohon tunggu...
Hanantyo Wahyu Saputro
Hanantyo Wahyu Saputro Mohon Tunggu... Rakyat Biasa

Guru di SMK Bina Taruna Masaran Sragen

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Pejabat Tandem Duet The Godfather of Broken Heart

20 Mei 2020   22:34 Diperbarui: 20 Mei 2020   22:53 27 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pejabat Tandem Duet The Godfather of Broken Heart
Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo (Sumber Gambar: kompas.com)

Seniman terkenal asal Kota Bengawan, Didik Prasetyo atau dikenal dengan Didi Kempot, memang telah meninggal dunia pada hari selasa tanggal 05 Mei 2020 lalu, namun karya seninya tidak akan pernah hilang oleh waktu. 

Begitu banyak lagu yang sudah dia ciptakan, dan menjadi hits, seperti "Cidro", "Ambyar", "Stasiun Balapan", dan masih banyak lagu yang lainnya. Lord Didi, begitu salah satu dari sekian banyak julukannya, telah berduet dengan banyak penyanyi terkenal, di antaranya Isyana Saraswati, Yuni Shara, dan Sisca JKT 48. 

Selain dengan penyanyi terkenal, Lord Didi juga sudah pernah membuat video klip dan album bersama dengan setidaknya 2 orang pejabat, atau lebih tepatnya Kepala Daerah, yang diantaranya adalah:

1. FX Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta)

Pada 28 April 2020, melalui kanal Youtube-nya, Lord Didi merilis lagu berjudul "Ojo Mudik", yang isinya himbauan untuk tidak mudik selama pandemi Covid-19, salah satu wujud kecintaannya terhadap kota kelahirannya. Hal yang istimewa dalam video klip ini adalah adaya figur Walikota Surakarta, yaitu FX Hadi Rudyatmo. 

Dalam lagu ini, Lord Didi dan Pak Walikota menganjurkan untuk rajin mencuci tangan memakai sabun dan bepergian menggunakan masker yang bertujuan untuk memutuskan rantai penularan Covid-19, dan Pak Walikota juga mengingatkan untuk tetap menjaga jarak. Selain dengan Walikota, Didi Kempot juga berkolaborasi dengan Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rivai. 

Salah satu tempat yang digunakan untuk pengambilan video klip itu adalah Pendopo Loji Gandrung, yang merupakan Rumah Dinas Walikota Surakarta. 

FX Hadi Rudyatmo merupakan seorang pecinta seni, pada saat masih menjadi Wakil Walikota Surakarta, dia bersama Walikota saat itu Ir. Joko Widodo (Sekarang Presiden RI) sering mengadakan pentas seni, yang saya ingat waktu itu sering sekali pentas musik yang diisi oleh grup musik humor legendaris asal Surakarta, yaitu Pecas Ndahe.

Tidak disangka lagu "Ojo Mudik" menjadi salah satu peninggalan terakhir bagi Lord Didi. Bagaimana kepeduliannya terhadap pandemi Covid-19, dia menciptakan lagu yang mengingatkan orang untuk berbuat yang benar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

2. Dr. Rina Iriani Sri Ratnaningsih (Bupati Karanganyar)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x