Mohon tunggu...
Adhityo N Barsei
Adhityo N Barsei Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Orang sering kesulitan memahami apa yang saya sampaikan. Mungkin lewat tulisan saya bisa memberikan pemahaman lebih sederhana

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Inovasi Dinas Perhubungan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik

1 November 2021   06:32 Diperbarui: 1 November 2021   06:36 546 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dinas Perhubungan memiliki wewenang dalam mengatur dan mengelola lalu lintas dan angkutan jalan. Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, lalu lintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung transportasi dan pembangunan.  

Artinya, transportasi sangat dituntut peranannya dalam pembangunan suatu negara (N Rahma dkk, 2013). Kemudian dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, dijelaskan bahwa perhubungan merupakan salah satu urusan pemerintah yang bersifat wajib yang meliputi pusat, provinsi, dan daerah. 

Pemerintah daerah sebagai pemegang wewenang di daerah memiliki berbagai pelayanan dalam perhubungan. Mulai dari mengelola perparkiran, kendaraan orang dan barang hingga terminal

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan populasi penduduk semakin bertambah. Artinya, mobilitas jumlah penduduk semakin meningkat dan perlu diimbangi dengan bertambahnya layanan perhubungan seperti angkutan umum, jalan, lahan parkir, dan sebagainya.

Meledaknya pertumbuhan penduduk dan meningkatnya mobilitas penduduk tersebut jika tidak diimbangin dengan sarana dan prasarana perhubungan menyebabkan pelayanan publik yang kurang memuaskan. 

Misalnya, lahan parkir tidak terkelola dengan baik menyebabkan tata kota yang tidak enak dipandang dan bisa menyebabkan kemacetan. 

Perilaku trayek angkutan umum yang ngetem sembarangan karena penumpang sudah tidak nyaman dengan fasilitas terminal juga menjadi tantangan bagi dinas perhubungan. Kemudian masih adanya aktivitas calo di pelayanan uji kendaraan bermotor juga menjadi akibat dari lemahnya pengawasan pelayanan uji kendaraan bermotor dan kurang inovatifnya berbagai layanan transportasi.

Dinas Perhubungan dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Berbagai pemerintahan daerah sebetulnya sudah mulai melakukan terobosan-terobosan dalam memperbaiki layanan mereka. 

Pemerintah daerah mulai sadar karena masyarakat sekarang sudah banyak yang berani menyuarakan keluhan dan aktif dalam mengkritik kualitas pelayanan publik pemerintah. 

Hal ini jika dibiarkan akan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik ke pemerintah daerah. Sudah saatnya pemerintah daerah keluar dari zona nyaman karena pola kerja dan pelayanannya sudah tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam tulisan ini saya ingin menyampaikan beberapa Dinas Perhubungan di daerah yang sudah berupaya melakukan inovasi pelayanan publik. Diantaranya adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan