Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Teknik Dasar Mendongeng bagi Pemula

23 Juli 2022   16:09 Diperbarui: 23 Juli 2022   16:11 104 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi : sasint / 224 images / pixabay. com

Teknik Dasar Mendongeng Bagi Pemula

Mendongeng merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan, itu menurut saya. Mengapa demikian, lewat sebuah dongeng kita dapat mencurahkan ekspresi berdasarkan alur dongeng yang kita bawakan.

Apalagi mendongeng untuk anak- anak SD. Bagi saya itu adalah hal yang menarik sekaligus menantang. Berhadapan dengan anak- anak tentunya akan semakin seru, apabila dongeng yang kita sampaikan mampu menarik perhatian mereka.

Sebagai seorang pendongeng, tentunya kita wajib mengetahui trik bagaimana agar anak- anak mau, dan tertarik untuk mendengarkan. Di samping itu, bangkitnya interaksi di tengah- tengah mendongeng, sudah pasti memberikan keseruan tersendiri.

Bisa jadi sebuah dongeng yang menarik tidak hanya akan menggugah anak- anak untuk sekedar menyimak, melainkan akan ada celoteh tanya seketika dan pendongeng hendaknya telah mempersiapkan segala pendukung , guna terjalin komunikasi yang baik.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan, utamanya sebagai pendongeng pemula agar dapat menarik perhatian sekaligus mampu memberikan pembelajaran lewat sebuah dongeng.

 Kita simak tips berikut :

Paling dasar tentunya kita akan menyiapkan sebuah cerita. Tanpa adanya persiapan untuk memilih cerita yang bagus, maka akan semakin susah membawakan suasana yang baik saat mendongeng.

Memilih cerita yang tepat, merupakan hal wajib agar anak- anak semakin bersemangat untuk mendengarkan. Atau paling tidak kita telah menyiapkan beberapa cerita yang dapat ditawarkan kepada mereka sebelum mendongeng.

Tunjukkan buku atau teks dalam aplikasi yang berisi ilustrasi sebagai strategi menarik minat mereka dalam mengikuti aktivitas ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan