Mohon tunggu...
S Aji
S Aji Mohon Tunggu... Lainnya - Story Collector

- dalam ringkas ingatan, tulisan tumbuh mengabadikan -

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

9 Elemen Utama "Peaky Blinders"

24 Juni 2024   14:59 Diperbarui: 26 Juni 2024   08:28 655
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Serial Peaky Blinders di Netflix | BBC via Kompas.com

"I'm just an extreme example of what a working man can achieve." - Thomas Shelby

Sebuah latar yang singkat saja. Serial Netflix yang perdana tayang 2014 ini sungguh-sungguh memiliki karakter yang kuat. Kita boleh menilisiknya dalam beberapa elemen utama yang menyatukannya. 

Akan tetapi, sebelum masuk ke sana, kita mungkin perlu mengetahui jika serial bergenre sejarah dan drama kriminal ini tayang sebanyak 6 musim. Steven Knight adalah sosok yang menjadi kreatornya. 

Uniknya, Steven Knight berkisah jika mula-mula mengenali riwayat Peaky Blinders adalah dari cerita sang ayah. 

Dalam sejarah faktualnya, kelompok Peaky Blinders melambangkan pergulatan kelompok gangster yang turut membentuk masyarakat Inggris modern. Jessica Brain di laman Historic UK menulis bahwa: 

...Peaky Blinders muncul dari daerah Small Heath di Birmingham, dengan aktivitas pertama yang dilaporkan dirinci di sebuah surat kabar pada bulan Maret 1890 yang menggambarkan penyerangan brutal terhadap seorang pria oleh geng yang dikenal sebagai "Peaky Blinders". Kelompok ini sudah mendapatkan reputasi buruk karena kekerasan dan kebrutalan mereka di dunia kriminal dan sangat ingin aktivitas mereka dicatat di surat kabar nasional...

Jessica Brain menambahkan bahwasanya: 

Sebagai sebuah kelompok, Peaky Blinders memasuki ranah budaya populer tidak hanya melalui tindakan kriminal mereka tetapi juga melalui selera berpakaian dan gaya mereka yang terkenal. Para anggota kelompok mengadopsi gaya khas yang mencakup topi datar (sebagian besar diyakini sebagai asal muasal nama mereka), sepatu bot kulit, rompi, jaket khusus, dan syal sutra. 

Dengan sedikit informasi di atas, karakter yang begitu kuat dalam serialnya membuat kisah kelompok gangster adalah sudut pandang yang penting diketengahkan. 

Dalam hemat saya, sekurang-kurangnya terdapat 9 elemen utama yang menjahit karakter dimana Cillian Murphy, Paul Anderson, Helen McCrory, Sophie Rundle, Joe Cole berakting sangat bagus sebagai anggota inti Keluarga Shelby. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun