Mohon tunggu...
S Aji
S Aji Mohon Tunggu... Freelancer - Nomad Digital

Ser Sensible es un poder no una delibidad!

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Dari "Mare of Easttown": Bagaimana Perempuan Menjadi Pahlawan?

11 November 2021   10:43 Diperbarui: 11 November 2021   19:30 1372 28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kate Winslet yang mengisi peran utama dalam serial HBO, "Mare of Easttown" (Sumber: HBO via Kompas.com)

Kita mulai dengan menjumpai sedikit fakta berikut ini. 

Mare of Easttown (selanjutnya akan disingkat MoE) adalah serial terbatas produksi HBO. Tayang sejak 18 April dan berakhir Mei 2021. Keseluruhannya berisi 7 episode. Kate Winslet memerankan karakter utamanya: Mare Sheehan. Seorang ibu, nenek sekaligus sersan detektif di Easttown, Pennsylvania. 

Kemudian ada Guy Pearce yang berperan sebagai Richard Ryan, seorang pengarang dan profesor Penulisan Kreatif. Julianne Nicholson yang berperan sebagai Lori Ross, sahabat Mare sejak zaman abege

Evan Peters yang memerankan karakter Colin Zabel, rekan kerja Mare. Dan Jean Smart yang memerankan Helen Fahey, ibunya Mare. Sekadar menyebut beberapa nama yang familiar. 

Kedua, serial ini berhasil meraih 16 nominasi pada perhelatan Primetime Emmy Awards ke-73. Kate Winslet, Julianne Nicholson dan Evan Peters berhasil memenangkan kategori Outstanding Lead Actress in a Limited Series or Movie, Outstanding Supporting Actress in a Limited Series or Movie  dan Outstanding Supporting Actor in a Limited Series or Movie. 

Di luar itu, secara keseluruhan, Internet Movie Database (IMDb) merangkum jika serial ini berhasil mengumpulkan 48 nominasi dengan 12 yag dimenangkan. Salah satunya adalah nominasi dari GALECA: The Society of LGBTQ Entertainment Critics serta dari Hollywood Critics Association.

Ketiga, naskah MoE dikarang oleh Brad Ingelsby. Ingelsby adalah sosok yang menulis naskah untuk film The Way Back (2020) yang diperankan Ben Affleck. Run All Night (2015), diperankan Liam Nesson. Juga film American Woman (2018), diperankan oleh Sienna Miller. Di ajang Primetime Emmy Awards ke-73, Brad Ingelsby meraih nominasi untuk kategori Outstanding Writing for a Limited or Anthology Series or Movie. So, bukan produsen naskah kaleng-kaleng.

Keempat, IMDb mengumpulkan rating 8,5 untuk serial ini. Sepadan dengan waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikannya. Sebuah review yang memikat terhadap serial ini pernah tayang di Kompasiana, pada bulan Mei yang lalu. 

Diberi judul Mare of Easttown: Serial Detektif yang Menerobos Stereotipe [REVIEW]. Sayang, kurang dilirik admin saat itu. 

Saya ingin menegaskan jika pesan sentral serial ini adalah tentang perempuan yang berjuang menjaga dunia di sekitarnya tak runtuh dimana kemalangan dan penderitaan mudah sekali bertukar hadir dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Sosok perempuan yang kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan