Lokasi : SD NEGERI NGELO 1
Lingkup Pendidikan : Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Mengenal dan Mengurutkan Bilangan
Penulis : TUTUK WIJAYANTI
Tanggal : 27 Agustus 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Kemampuan dasar matematika menjadi bagian penting untuk pendidikan dan menjadi salah satu keterampilan yang diperlukan peserta didik untuk sukses. Kemampuan dasar matematika yang dimaksud adalah memahami konsep mengenal bilangan angka dan mengurutkannya, namun kenyataan di lapangan masih memperlihatkan bahwa pemahaman konsep ini bisa dibilang cukup rendah. Guru memiliki peran yang sangat kuat dalam menumbuhkan minat peserta didik terlebih dahulu terhadap mata pelajaran matematika. Pembelajarannya dapat dilakukan dengan cara membuat permainan, dan lain sebagainya
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Tantangan yang dihadapi oleh guru adalah minat peserta didik yang cukup rendah ketika guru sudah berbicara dengan bahasa matematika Pihak yang harus mendukung hal ini untuk menumbuhkan minat peserta didik termasuk diantaranya adalah sekolah, orangtua dan guru sendiri
Tantangan dari segi materi sendiri adalah peserta didik kurang mengerti konsep penjumlahan dan pengurangan
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Langkah yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan
Strategi pembelajaran sebagai berikut :
- Menerapakan model Projek Based Learning (PjBL)
- Dengan menggunakan metode diskusi dan penugasan
- Guru memberikan lembar kerja kepada peserta didik
- Peserta didik secara berkelompok dan bekerja sama membuat tugas yang diberikan guru
- Guru meminta dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil tugasnya
Proses dalam pembelajaran disesuaikan dengan sintak-sintak PjBL dan memotivasi siswa untuk bernalar dan berpikir kritis (HOTS)
Yang terlibat dalam pembelajaran ini adalah guru dan siswa kelas 1 SDN NGELO 1
Media : video pembelajaran mengenal dan mengurutkan bilangan.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Dampak dari hasil penerapan tersebut yaitu
- hasil belajar peserta didik meningkat 30% dari sebelumnya sehingga media ini dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di Kelas I
- antusiasnya peserta didik dalam menemui hal baru yaitu melihat tayangan video
- pelaksanaan pembelajaran terasa lebih menarik dan siswa mengikuti pembelajaran dengan semangat dan tidak malu lagi untuk tampil ke depan kelas.
Berdasarkan praktik pembelajaran yang telah saya lakukan maka hasilnya sangat efektif untuk mengatasi kesulitan belajar atau meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajarn matematika.
Keefektifan ini terjadi karena siswa termotivasi dalam pembelajaran karena guru merubah cara dan metode mengajarnya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Praktik pembelajaran dengan penerapan strategi tersebut yang telah saya lakukan mendapatkan respon yang sangat baik dari guru , rekan sejawat karena dapat membuat siswa tersebut meningkat dalam kegiatan belajarnya.
Berdasarkan keseluruhan proses tersebut, pembelajaran berharga yang saya dapatkan adalah pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa menerima dengan semangat, itu semua dimulai dari keberhasilan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang mendukung agar tercapai tujuan pembelajarannya.