Mohon tunggu...
Hendrikus Eko Yulianto
Hendrikus Eko Yulianto Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

SMP Tunas Harapan Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi saya Ikut Training DOGMIT adalah Paperless

19 Oktober 2017   21:47 Diperbarui: 19 Oktober 2017   22:14 524
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Mula mula saya bingung maksudnya apa ? bagaimana memulainya? susah ngak sih? lama ngak sih belajarnya (maklum sibuk dengan aktifitas guru).

Dengan bekal, Saya dan teman teman guru di sekolah pernah  menggunakan fasilitas dari Googl. Membuat kelas dengan Google Classroom. Membuat Tugas, membuat kuis, menyimpan file menggunakan fasilitas Google Drive dengan gratis tentunya. Jadi tidak perlu mahal, yang dalam hal ini 2 tahun sudah kami belajar serta menggunakan pada seluruh kelas kami. Penggunaan kertas berkurang. saya ingin menambah ilmu lagi dalam hal penggunaan IT untuk meningkatkan pengetahuan saya.

Hai teman - teman, Asik lho menggunakan IT dalam pembelajaran. salah satu kegunaan membuat file bersama, berkolaborasi dengan teman se rumpun, membuat tugas yang bisa di selesaikan siswa saya di rumah dengan teman-temannya. Jika sudah selesai, hasil mereka dapat mereka unggah ke dalam Classroom saya, saya pun dapat menilai dan pada saat itu pula mereka mendapakan hasinya. Membuat kuis yang  dapat siswa saya langsung mengerjakan dengan gadget mereka. Sungguh paperless, penggunaan kertas berkurang. Ternyata tidak sesukar yang saya pikirkan, 

Tanggapan para siswa kami dengan menggunakan fasilitas Google Classroom, salah satunya berkata "Enak dengan Google Classroom, kami tidak perlu bawa banyak buku, sudah tinggal buka Google Classroom ada e-book yang sudah di unggah guru kami"

Salah satu tugas guru adalah mengevaluasi. banyak sekali yang harus dinilai, administrasinya juga banyak, untuk itu kita harus  pintar-pintarnya menilai supaya tidak salah dan mengurangi waktu yaitu dengan menggunakan IT. Salah satu motivasi saya mengikuti traning online dari Guru Melek IT (DOGMIT) kali ini yang diasuh oleh Pak Sukani ini, karena mau mempelajari pembelajaran berbasis IT  yaitu Plickers dan ZipGrade yang berguna untuk pendidikan. 

harapannya salah satu banyaknya tes yang dilakukan dengan salah satu fasilitas IT ini, kami para guru membantu menggurangi penggunaan kertas. 

Semoga tranning dari Pak Sukani kali ini dapat dipakai untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah kami dan berguna untuk saya pribadi dalam memotivasi diri saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun