Mohon tunggu...
Ekonomi

Analisa Manajemen Perusahaan Ramayana Lestari Sentosa.Tbk

2 April 2016   19:24 Diperbarui: 2 April 2016   19:39 8280 0 0 Mohon Tunggu...

A. PROFIL PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk

1. Sejarah Perusahaan
Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) didirikan 14 Desember 1983 oleh pasangan suami istri Paulus Tumewu dan Tan lee Chuan, di Ujung Pandang (Makasar). Pada tahun 1978 didirikan outlet perintis “Ramayana Fashion Store” di Jl. H.Agus Salim, Jakarta Pusat yang dikenal dengan R1. RALS mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1983. Kantor pusat Ramayana berlokasi di Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 220 A-B, Jakarta 10250 – Indonesia.
Telp : (62-21) 391-4566, 315-1563, 310-6653 (Hunting), Fax : (62-21) 3193-4245.PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk, dipilih sebagai perusahaan dengan manajemen terbaik kedua dikawasan Asia pasifik pada majalah Asia money edisi desember 2000. Kepemilikan saham Ramayana Lestari Sentosa Tbk adalah PT Ramayana Makmur Sentosa (induk usaha terakhir) dengan persentase kepemilikan sebesar 55,88%, Paulus Tumewu presentasi kepemilikan sebesar 3,66% dan 40,46% dimiliki Free float.

Ruang lingkup kegiatan RALS adalah perdagangan umum yang menjual berbagai macam barang seperti pakaian ,aksesoris,tas,sepatu,kosmetik dan produk - produk kebutuhan sehari – hari melalui gerai serba ada Ramayana Supermarket (Departement Strore).Saat ini (30/09/2015) , jumlah gerai yang dioperasikan oleh RALS terdiri dari 116 gerai dengan nama Ramayana(106 gerai) , Robinson(7 gerai), dan Cahaya(3 gerai). RALS bergabung dalam anggota organisasi SPAR International BV mulai 1 September 2014.


2. Visi Perusahaan

Kami bertekad untuk memperkuat posisi kami sebagai peritel terbesar di Indonesia dan paling menguntungkan di sektor kami dengan mengendalikan biaya, meningkatkan layanan pelanggan, pengembangan sumber daya manusia kami dan mempertahankan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok dan rekan bisnis. Tujuan akhir kami adalah untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.

3. Misi Perusahaan

Kami adalah rantai perusahaan ritel berkomitmen untuk melayani kebutuhan menengah rendah dan berpenghasilan rendah segmen dengan menyediakan berbagai nilai untuk uang dan barang dagangan layanan pelanggan yang sangat baik.


B. MARKETING PERUSAHAAN


1. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan mengenai biaya pemasaran, bauran pemasaran, harga produk, kondisi produk dan alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.


2. Harga (price)
Bagi konsumen harga merupakan segala bentuk biaya moneter yang dikorbankan oleh konsumen untuk memperoleh, memiliki, memanfaatkan sejumlah kombinasi dari barang.

3. Promosi (promotion)
Di dalam perusahaan ritel sangat memerlukan promosi untuk memasarkan produk yang telah di hasilkan, dimana dalam hal ini promosi sebagai alat bantu untuk mendefinisikan produk, untuk menghimbau pembeli dan untuk meneruskan informasi dalam proses mengambil keputusan pembeli dengan adanya promosi.

4. Pelayanan (service)
Unsur pelayanan adalah unsur yang memiliki peranan penting dalam persaingan non-harga dengan pengecer-pengecer lain. Unsur-unsur pelayanan menjadi nyata bagi Perusahaan dengan bersaing dengan para pesaingnya karena unsur pelayanan sangat sulit ditiru oleh pesaing.

Prospek usaha PT. Ramayana Lestari Sentosa,Tbk adalah untuk mencapai target pasar yang luas lebih kurangnya 70% dari populasi adalah kelas menengah kebawah. Promosi yang dilakukan Ramayana dengan berusaha mengoptimalkan penjualan di hari-hari raya Indonesia seperti lebaran,natal dan tahun baru melalui strategi above the line, termasuk iklan televisi dan radio, pemasangan iklan di berbagai surat kabar local maupun Nasional, serta billboard di area-area strategis. Brosur juga disebarkan kepada komunitas local untuk menari perhatian. Dalam pelaksanaannya, Ramayana Lestari Sentosa tbk memiliki beberapa strategi dalam memutuskan penetapan diadakannya discount, baik dalam segi waktu, kegunaan, serta efek dari diadakan kebijakan diskon. Penggunaan Sitem Informasi Manajemen pada POS (menyatukan system depan dan belakang kantor) yang sejalan dengan system SKU akan mempercepat alur proses order barang.
Strategi-strategi yang dilakukan PT.Ramayana Lestari Sentosa:
1. Mencari alternatif produk-produk yang berkualitas dengan harga yang murah.
2. Menekan biaya opersional sehingga tidak melebihi 16% dari penjualan.
3. Mengadakan evaluasi kerja secara berkala.
4. Menutup toko yang kurang menguntungkan untuk mengurangi kerugian.


Kesimpulan:


Perkembangan teknologi memacu setiap perusahaan untuk bersaing dalam memperebutkan pasar. Persaingan tersebutlah yang membuat setiap perusahaan berinovasi dalam menerapkan strategi pemasarannya, misalnya dengan menggunakan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang diterapkan
di perusahaan besar seperti PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung, faktor penghambat serta peranan strategi tersebut dalam mempertahankan citra merek atas produk-produk yang didistribusikan oleh perusahaan.
Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) saat ini memiliki 116 gerai dalam memajukan bisnis dikanca dunia RALS bergabung dengan SPAR International BV pada 1 September 2014. Dalam meningkatkan penjualan Ramayana Departement Store melakukan pemberian diskon dan promosi melalui strategi above the line seperti iklan televisi , radio, billboard.

Sumber :
www.britama.com/.../sejarah-dan-profil-singkat-rals
http://onesoulofaditya.blogspot.co.id/2012/11/profil-perusahaan-pt-ramayana-lestari.html
http://restaamijaya.blogspot.co.id/2015/11/tugas-analisis-dan-perancangan-perusahaan.html
http://worldbank33.blogspot.co.id/2013/10/visi-misi-pt-ramayana-lestari-sentosa.html
http://febbry-hariansyah.blogspot.co.id/2014/01/sistem-informasi-managemen-ramayana.html

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN