Mohon tunggu...
Tsania Putri
Tsania Putri Mohon Tunggu... Ilustrator - mahasiswa

Membaca memberi pengaruh besar untuk menjadi penulis yang hebat. Maka membacalah kemudian menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Begini Cara Cepat Mengetahui Bakat Anda

20 September 2020   22:27 Diperbarui: 20 September 2020   22:46 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.morgan.k12.co.us/

Dari kecil hingga dewasa, bakat belum juga diketahui!! Bingung dengan bakat anda??

Pernahkan anda merasa bingung dengan bakat yang anda miliki?? Pernahkan juga anda merasa bahwa semua teman anda bisa, dan anda sendiri belum bisa?? Ya, mungkin saya pernah merasakah hal yang sama. Apakah kalian juga sama??

Ada yang terlupakan dalam diri kita yang mungkin orang lain juga merasakannya. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap hari yang terkadang tidak kita sadari bahwa itu merupakan bakat (potensi) yang kita miliki.. ada juga hal-hal yang sangat kita sukai karena beranggapan bahwa itu merupakan bakat yang kita miliki juga. Namun, masih banyak orang juga yang bingung dengan apa yang dimilikinya kemarin, saat ini dan esok hari. 

Hari ini saya mau berbagi pengalaman tentang bakat yang saya miliki. Dulu saya berfikir bahwa saya mempunyai bakat bernyanyi, karena dulunya saya sering dipilih untuk menjadi vocal. Tapi bernyayi tidak menjadi kebiasaan dalam diri saya, sehingga saya bingung apakah itu termasuk bakat dalam diri saya!! Ataukah tidak!!..

Bakat mempunyai banyak definisi.. ada yang mengatakan bahwa bakat itu ada sejak kita dilahirkan.  Dan ada juga yang mengatakan bahwa bakat adalah turun-temurun (keturunan) dari orang tuanya. Saya mulai berfikir dengan kisah pengalaman yang saya ceritakan tadi, namun itu tidak harus menjadi patokan. Mengapa??

Karena, tidak semua bakat didefinisikan seperti itu. Jika bakat ada sejak lahir, mengapa kita harus belajar berdiri, berjalan dan berbicara jika kita mempunyai bakat, mengapa kita tidak langsung bisa berdiri, berjalan, dan berbicara sendiri tanpa harus melewati proses perkembangan??

Jika bakat tersebut di peroleh sejak lahir.. jika orang tua kita bisa berenag, kenapa saya tidak bisa? Kenapa saya lebih suka bernyanyi dari pada berenang? Padahal orang tua saya bisa berenang.

Banyak definisi bakat yang dapat membuat kita bingung, apa bakat itu sebenarnya??

perlu kalian ketahui bahwa bakat membutuhkan proses yang sangat panjang. Tidak hanya dengan bawaan sejak lahir maupun keturunan dari faktok genetik. Kemampuan dalam diri sesoranglah yang disebut dengan bakat.

Aku bisa membuat lukisan (kaligrafi, pemndangan, sketsa wajah, dan lain-lain yang berhubungan dengan lukisan), dan semua itu masuk dalam hobby, kesukaan, dan kebisaan yang sering aku dilakukan. Apakah itu sebuah bakat?

Benar sekali, mengapa?? Karena bakat akan terlihat dalam diri kita ketika kita berani dan mau untuk mengembangkan hingga menjadi sebuah prestasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun