Mohon tunggu...
Tsabita Aqila Husna
Tsabita Aqila Husna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tsabita Aqila Husna is a final year student of Urban and Regional Planning at Sebelas Maret University. Tsabita is a goal-driven and collaborative individual with a mesmerizing track record of excellent quality achievements both in academics and non-academics. It’s proven being The Most Outstanding Student in Faculty Of Engineering (Selected 1% from 120+ students) 2022, The Most Outstanding Student in Urban and Regional Planning (Selected 0.5%) 2022, and CumLaude GPA (TOP 5%). She is also having a good sense of leadership proven by build 1 Startup and become CEO of Planocation.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kelompok 82 UNS Membangun Desa Sekaran Mengadakan Seminar Digitalisasi Marketing dan UMKM

10 Maret 2023   22:56 Diperbarui: 10 Maret 2023   23:10 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN Kelompok 82 UNS Desa Sekaran. Dokpri

Klaten-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Kelompok 82 Periode Januari-Februari Tahun 2023 mengadakan seminar pengembangan digitalisasi marketing bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten (Minggu, 19 Februari 2023).

Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Februari 2023 pukul 12.30 WIB yang bertempat di Gedung PKK Desa Sekaran. Adapun anggota tim pelaksana kegiatan ini yaitu Kelompok 82 KKN UNS yang beranggotakan 10 mahasiswa terdiri dari Tsabita Aqila Husna (Perencanaan Wilayah dan Kota, Hanifa Delfiera (Teknik Mesin), Ismu Agung Alfarist (Administrasi Negara), Anastasya Ellena (Manajemen), Kartika Ratna Ningsih (Ilmu Komunikasi), Arief Rohadiyanto (Teknik Sipil), Najwa Azzuradhah A. N (Teknik Sipil), Laili Dani Ramadhan (Matematika), Berliana Intan P. D (Agroteknologi), dan Shafira Ayu Adella (Desain Komunikasi Visual).

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi di mana para pelaku UMKM di Desa Sekaran masih didominasi dengan mereka yang menggunakan pemasaran konvensional, padahal digitalisasi UMKM menjadi semakin penting dalam dunia bisnis saat ini. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan meluasnya penggunaan alat digital, pelaku UMKM dapat memanfaatkan hal ini semaksimal mungkin untuk meningkatkan efisiensi operasional, pengalaman pelanggan, dan profitabilitas. 

Bagi pelaku UMKM yang berhasil menerapkan digitalisasi pada bisnisnya dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka. Oleh karena hal itu, kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada para pelaku UMKM untuk membuka kesempatan bagi mereka agar dapat memanfaatkan digitalisasi yang ada apabila mereka berkenan menjalankannya.

Kegiatan Digitalisasi Marketing dan UMKM dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang dilaksanakan selama 14 hari, yaitu dari hari Minggu, 5 Februari 2023 sampai hari Minggu, 19 Februari 2023. Tahapan pertama yaitu melakukan pendataan kepada para pelaku UMKM yang sekiranya memiliki kemungkinan tinggi untuk didigitalisasikan.

Pendataan dilakukan oleh Kelompok 82 KKN UNS dimulai dari hari Minggu, 5 Februari 2023 dengan mengunjungi satu per satu rumah warga pelaku UMKM yang sudah dipilih dan melakukan observasi dan wawancara singkat terkait kondisi UMKM-nya. Setelah melakukan survei, tahapan selanjutnya yaitu memberikan undangan kepada para pelaku UMKM tersebut untuk mendatangi seminar terkait digitalisasi UMKM yang diadakan pada hari Minggu, 19 Februari 2023.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 82 KKN UNS ini mengusung tema “Optimalisasi UMKM Melalui Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia”. Program utama yang dijalankan salah satu diantaranya ialah pendampingan digitalisasi dalam memasarkan produk melalui online marketplace. Kelompok 82 KKN UNS memberikan materi kepada tamu undangan sebanyak kurang lebih 30 peserta. 

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat Desa Sekaran terutama Pelaku UMKM diberikan beberapa materi diantaranya tentang pentingnya melakukan penjualan produk melalui online dan strategi untuk meningkatkan penjualan produk.

Ismu Agung Alfarist selaku penanggungjawab kegiatan ini menjelaskan bahwa “Pada era modern seperti sekarang ini akan lebih baik apabila kita sebagai pelaku usaha ikut mengikuti perkembangan zaman dengan mengubah strategi pemasaran menggunakan platform-platform digital karena dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun