Mohon tunggu...
Tri Sarwosri
Tri Sarwosri Mohon Tunggu... Guru - Guru BK SMP Negeri 1 Sukoharjo

“Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar. 196804291995122003

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Mengapa Kurikulum Harus Berubah

23 Oktober 2023   05:30 Diperbarui: 23 Oktober 2023   05:33 1896
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

AKSI NYATA MENGAPA KURIKULUM HARUS BERUBAH


Saya Guru BK SMP Negeri 1 Sukoharjo BuTri Sarwosri , melalui PMM  terutama dari topik "Mengapa Kurikulum harus Berubah" saya belajar dengan menyesuaikan perkembangan zaman, Bagaimana saya sebagai guru harus mampu merefleksikan diri terutama tujuan utama kita sebagai guru. Dari sini kita mampu menjalankan peran sebagaimana mestinya untuk memberikan pendidikan secara menyeluruh  sudah selayaknya sebagai guru harus mampu memfasilitasi siswa dalam hal membangun pemahamannya sendiri dengan memperhatikan kebutuhan mereka dan tantangan zaman. Saya harus selalu peka guna menyiapkan murid ini di era yang semakin kompetitif

Bagian yang menurut saya paling mengubah saya adalah tentang "Mengapa Kurikulum Harus Berubah". Ini menjadi sebuah peringatan penting bagi saya agar juga terus mengupdate diri guna lebih mampu memfasilitasi siswa dengan berbagai kebutuhan yang berbeda  untuk menghadapi era sekarang yang makin maju dan kompetitif, Perubahan dan perkembangan zaman yang begitu cepat menuntut kita untuk selalu siap beradaptasi dengan meningkatkan beberapa kompetensi tertentu.

Langkah konkrit saya selanjutnya adalah melaksanakan pembelajaran dengan menyesuaikan perubahan kurikulum, sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan tetap relevan dengan tuntutan zaman, tugas kita mempersiapkan anak didik menghadapi perubahan. Mulai saat ini saya lebih memperhatikan  kebutuhan siswa kebutuhan belajar siswa dalam belajar dan menyiapkan mereka menjadi generasi yang gemilang.  

Sebagai pendidik harus terus berinovasi dalam mengemban tugas. Harus terus mengembangkan diri baik teori-teori pembelajaran maupun praktik-praktik baik dalam pembelajaran, harapan saya, siswa saya samakin berprestasi, tanpa melupakan peran penting dari keseluruhan pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan perlu berkolaborasi dalam mewujudkan kompetensi yang diharapkan dari kurikulum,

Inilah presentasi kami 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun