Mohon tunggu...
tri samini
tri samini Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Karangdowo

Hobi saya membaca dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Baru Mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak

19 November 2022   23:37 Diperbarui: 19 November 2022   23:53 616
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh  Tri Samini,S.Kom.,M.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Kabupaten Klaten

Jurnal Refleksi dwimingguan ini merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh calon guru penggerak. Sebagai calon guru penggerak disini saya akan merefleksi seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 1.1. yaitu tentang Filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan. 

Dalam pembuatan jurnal ini saya menggunakan model 1 yaitu 4F. 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P.

Facts (Peristiwa)

Alhamdulillah Puji syukur saya panjatkan ke Khadirat Allah S.W.T. karena atas ijin-Nya saya telah dinyatakan lolos untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7. Pada hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten mengadakan  kegiatan pembekalan bagi Calon Guru Penggerak, Pengajar Praktik dan Fasilitator seluruh Kabupaten Klaten yang terbagi menjadi dua sesi selanjutnya.

Pada hari Kamis pukul 10.30 WIB tepatnya tanggal 20 Oktober  2022 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 resmi dibuka oleh Kemendikbudristek yaitu Bapak Nadiem Makarim,B.A.,M.B.A. dan Dirjen GTK melalui zoom yang diikuti CGP Angkatan 7 se Indonesia. Pada hari yang sama pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah mengadakan Orientasi Program PGP Angkatan 7.

Pada tanggal 21 Oktober 2022 seluruh CGP diwajibkan mengerjakan pretest di LMS masing-masing. Pada Tanggal 22 Oktober 2022 diadakan lokakarya orientasi di SMKN 3 Klaten. Saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang pendidikan guru penggerak. 

Dalam kegiatan ini diundang juga pengawas dan Kepala sekolah tempat CGP mengajar. Dengan diikutsertakannya Kepala sekolah dalam lokakarya tersebut saya merasa senang karena Beliau mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang perjalanan Pendidikan Guru Penggerak sehingga diharapkan dapat memberikan bimbingan, arahan , dan motivasi kepada saya sehingga saya dapat melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak ini dengan baik. 

Dalam lokakarya orientasi ini kami benar-benar fokus menggali dan memperluas wawasan kami tentang mengenali siapa saya, apa yang belum dan sudah ada pada diri saya serta mengerjakan 5 LK dan mendiskusikannya untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun