Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Banjoemas Art Festival 2020

4 Oktober 2020   22:17 Diperbarui: 5 Oktober 2020   00:42 332 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Monumen pesawat tempur MiG 17 Fresco ini menghiasi Alun-alun di depan Pendapa Yudanegara di Kecamatan Banyumas. | Dokpri

Sebuah event budaya bertajuk Banjoemas Art Festival digelar secara daring di Pendapa Yudanegara kantor Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah kemarin pada Sabtu 3 Oktober 2020.

Pada event ini Wakil Bupati Banyumas Bp. Sadewo Tri Lastiono hadir untuk membuka secara resmi kegiatan Banjoemas Art Festival. Lagipula karena kebetulan beliau juga Ketua Dewan Kesenian Banyumas.

Perhelatan ini menyajikan web seminar (webinar) dengan narasumber antara lain Garin Nugroho, Dr. Restu Gunawan M.Hum selaku Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Eko Supriyanto dan Damo Kartawi  (ISI Surakarta), Dr. Nungki Kusumastuti (IKJ), dan seniman Banyumas Jatmiko Wicaksono.


Beberapa seniman pun tampil menyemarakkan suasana yaitu antara lain Dagelan Peang Penjol oleh Yu Suliah dan Kang Bodong, tari Cantingmas oleh Sanggar Kalamangsa, tari Baladewa oleh Balapitu Community, dll. 

Adapun hal yang dibahas pada webinar antara lain meliputi Perlindungan Kawasan Kota Lama sebagai Cagar Budaya dan Identitas Lokal, Budaya Egaliter, dll.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Banyumas juga sekaligus meresmikan Rumah Lengger di komplek gedung kantor Kecamatan Banyumas.

"Semoga dengan adanya Rumah Lengger ini maka kedepan seni lengger pada khususnya dan seni budaya Banyumas lainnya bisa semakin mendunia," demikian harapan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lestiono yang disiarkan langsung secara daring.

Sementara Camat Banyumas Abdul Kudus menyampaikan bahwa Rumah Lengger ini sesuai dengan cita-cita Bupati Banyumas untuk mewujudkan Kecamatan Banyumas sebagai salah satu destinasi wisata budaya Banyumas. Menurutnya, Rumah Lengger ini bisa membuat langkah para seniman Banyumas menjadi lebih mantap, untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita tersebut.

Berikut ini adalah video rekaman saat Wakil Bupati Banyumas, Camat Banyumas dan Kang Riyanto menyampaikan pandangan dan harapannya terhadap Rumah Lengger Banyumas, yang dilanjutkan dengan peresmiannya.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan