Mohon tunggu...
triorianp12
triorianp12 Mohon Tunggu... Belajar

Belajar mencari ilmu

Selanjutnya

Tutup

Financial

KKN UIN SAIZU : Sosialisasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM di Desa PURWASANA

11 Februari 2025   21:54 Diperbarui: 11 Februari 2025   21:59 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN UIN SAIZU-SOSIALISASI DIGITAL MARKETING KEPADA PELAKU UMKM DI DESA PURWASANA (10/02-2025) 

KKN UIN SAIZU 55 Desa Purwasana - Kegiatan sosialisasi digital marketing kepada pelaku UMKM menjadi sebuah kebutuhan di era digital saat ini. Mahasiswa KKN UIN SAIZU kelompok 25 mengadakan sosialisasi digital marketing pada hari Senin hingga Selasa tertanggal 10-11 Februari 2025. Kegiatan tersebut dilakukan dengan sistem door to door di Desa Purwasana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara, untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam pemasaran digital. 

Metode sosialisasi door to door dipilih agar mendapatkan pengetahuan baru secara lebih intensif terkait materi digitalisasi yang dipaparkan. Dengan sosialisasi ini, para pelaku UMKM di Desa Purwasana diharapkan dapat mengimplementasikan materi yang didapatkan dan meningkatkan omzet penjualan melalui inovasi baru di media sosial. 

Menurut Amalia sebagai humas kelompok 25 KKN UIN SAIZU, Kegiatan sosialisasi tersebut memuat observasi dan wawancara, ceramah dan diskusi, serta demonstrasi dan juga praktik dalam pemasaran online. 

"kelompok kami selain melakukan sosialiasi, juga melakukan pendataan mengenai Nomor Induk Beroperasi, Sertifikasi Halal serta pembuatan maps lokasi" ujarnya. 

Dalam kegiatan tersebut kami bekerjasama dengan perangkat desa terutama para Kepala Dusun setempat. Para perangkat desa dan para pelaku UMKM di Desa Purwasana menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang dibawa oleh tim KKN UIN SAIZU, Kepala Desa Purwasana, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan para pelaku UMKM akan pemasaran produk yang lebih baik. Beliau berharap para pelaku UMKM bisa bersaing dan menjadikan Desa Purwasana lebih maju dan terkenal. 

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan diantaranya, sebagai berikut : 

  • Meningkatkan pemahaman UMKM tentang pemasaran digital.
  • Meningkatkan kemampuan UMKM dalam menggunakan platform digital untuk promosi.
  • Memotivasi UMKM untuk mengimplementasikan strategi pemasaran digital.
  • Meningkatkan omzet penjualan UMKM melalui inovasi pemasaran digital.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan UMKM di Desa Purwasana semakin mandiri dalam memasarkan produk mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, serta memperkuat daya saing di era digital yang terus berkembang. Dengan pemanfaatan teknologi digital secara optimal, UMKM dapat terus bertumbuh dan berkontribusi lebih signifikan terhadap perekonomian lokal.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun