Mohon tunggu...
Tri Meta Liaztiza Puteri
Tri Meta Liaztiza Puteri Mohon Tunggu...

Indonesian Postgraduate Student in Germany

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Strategi untuk Menjadi yang TERPILIH

6 April 2015   01:38 Diperbarui: 13 Desember 2015   14:11 0 1 1 Mohon Tunggu...
Strategi untuk Menjadi yang TERPILIH
14282635181163659929

Hallo!

Saat inisaya ingin berbagi pengalaman saya untuk mendapatkan penawaran atau penawaran kerja datang kepada kita tanpa kita dugaSaya percayaini akan berhasil, meskipun saya juga banyak yang tersisih, tetapi selalu berfikir positif dan terus berusaha itu kunci utamanya.

Selama Anda mencobamaka akan banyak keberuntungan datang, percayalah! ;)


(Sumber Gambar: http://www.justagirlblog.com/wp-content/uploads/2013/01/goal.jpg)

 

Saat ini saya berada di Singapura, dimana tempat tinggal saya sekarang ketika saya berbagi pengalaman saya kepada kalian. Saya bekerja sementara untuk salah satu perusahaan Multinasional Jerman yang memiliki Pusat di Singapura untuk wilayah  Asia Pasifik, tetapi saya datang dari Jerman untuk belajar hidup dan studi. Namun, saya asli orang Indonesia dan memiliki beberapa pengalaman yang menyenangkan di India pada tahun 2014.

Baiklah, saya ingin membagi pengalaman saya untuk memenangkan penawaran kerja. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua sebagai pendatang baru dalam dunia kerja.

Dalam tulisan ini, saya sengaja menggunakan bahasa Indonesia, karena saya ingin membagi pengalaman saya ini khusus untuk teman-teman setanah air. ;)

Berikut ide-ide yang saya miliki saat ini:

    • Membuat riwayat hidup yang menarik, singkat padat dan jelas maksimal 2-3 halaman sudah cukup baik.
    • Membuat surat lampiran tentang pengalaman yang sudah kita miliki sebagai tambahan jika diperlukan, jika kalian memiliki predikat yang baik dalam studi dan memiliki banyak sertifikasi yang berkaitan dengan lowongan yang kalian ingin ajukan, maka akan lebih baik jika kalian lampirkan juga.
    • Akan jauh lebih baik jika kita mencoba mencari nama kita sendiri di search engine internet dan mensortir semua akun social yang kita miliki di media sosial dan menghapus atau non-aktifkan semua akun atau data diri kita di internet yang tidak relevan  atau tidak kompeten. Terkadang orang-orang dari Departemen SDM akan mencari nama kita di search engine untuk mengetahui  bagaimana tentang diri kita dan aktivitas keseharian kita.
    • Kemudian akan lebih menyenangkan jika kita memiliki sebuah akun yang menunjukan kompetensi kita sehingga terlihat apa profesionalisasi bidang yang kita miliki.
    • Kemudian mencari lowongan yang sesuai dengan kualifikasi dan prodi studi kita. Bisa diakses melalui komunitas alumni kampus yang kita miliki atau langsung ke website perusahaan tertuju atau mencari langsung di internet untuk lowongan tersebut.
    • Pelajari tugas dan kewajibannya.
    • Ketika ada undangan wawancara berlatihlah terlebih dahulu dan cari tahu tentang perusahaan tersebut melalui website peruhaannya (terkadang sering tertera tips dan trick pertanyaan yang sering mereka ajukan ke calon wawancaranya).
    • Review kembali dan cari tahu secara umum tentang semua pelajaran yang sudah kita pelajari dari bangku kuliah atau sekolah (karena pertanyaan dari pewawancara saat interview tidak akan jauh-jauh dari ini semua) dan yang terpenting pelajari konsepnya dan secara struktural atau mudah untuk dipahami dan dimengerti pewawancara ketika kita diminta memberikan tanggapan untuk menjelaskannya.
    • Untuk berlatih wawancara, bisa berlatih dengan teman kampus yang ekspert dibidang tersebut, jadi bisa bertukar pikiran dan dapat ide-ide brilliant dari mereka untuk bidang yang kita ajukan.
    • Sehari sebelum hari-H maka mintalah doa dari anggota keluarga kalian, terutama orang tua kalian dan juga teman-teman karib kalian untuk memberikan keberuntungan pada saat wawancara. Tidak akan pernah tahu, dibalik semua kesuksesan pasti disana ada segelintir doa yang didengar oleh yang Maha Kuasa. Maka ini juga penting selain usaha yang kita sudah persiapkan.
    • Nah, ketika hari-H nya maka siapkan diri sebaik mungkin, 30 menit sebelumnya sudah berada ditempat atau jika via telepon maka sudah siap dengan telepon kita dan berada didepan layar komputer dan juga beberapa kertas yang siap untuk dipakai jika diperlukan. Ingat carilah tempat yang kondusif karena terkadang jaringan telepon atau internet tidak selamanya baik.
    • Kemudian, sebaiknya kita sudah mempersiapkan beberapa catatan tersendiri untuk semua pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan dan diiringi dengan jawaban yang baik.
    • Ingat, seorang pewawancara sesungguhnya tidak hanya mencari orang yang kompeten yang bisa bekerjasama dengan mereka, tetapi mereka juga mencari orang yang bisa menjadi teman baik mereka dan selalu riang gembira. Menjadi orang yang menyenangkan adalah kunci utamanya untuk memenangkan wawancara.
    • Hindarkan sifat asli kita ketika pewawancara ingin mencari tahu tentang diri kita. Cobalah untuk selalu menyenangkan dan berwawasan luas. Karena ini akan menjadi penilaian utama selain apakah kita bisa melaksanakan semua tugas dan kewajibannya.
    • Perlu diketahui, ketika mereka sudah mengundang kita untuk wawancara itu artinya mereka sudah tahu bagaimana kompetensi kita dan mereka hanya ingin tahu apakah kalian adalah orang yang tepat yang bisa diajak kerja tim dalam budaya kerja dikantor mereka atau tidak. Just be nice, open minded, and low profile! :)
    • Hindarkan untuk bersikap sombong atau tinggi hati ketika diminta memperkanalkan diri, cobalah untuk rendah hati dan tunjukan jika kita adalah orang yang tepat yang mereka inginkan. Mereka akan melihat bagaimana karakter kita disini.
    • Jawab semua pertanyaan mereka dengan sopan, singkat dan jelas. Akan lebih baik jika berstruktur sehingga tidak membingungkan.
    • Jika wawancara telah dilakukan maka email lah mereka untuk berterima kasih dan berikan anggapan positif jika kalian sudah mendapatkan kesan yang baik dari wawancara tersebut. (setidaknya biarkan mereka tahu jika kalian benar-benar mengharapkan menjadi kerja tim mereka).

 

    • Ok, semoga beruntung! :D

 

“Today is a lucky day for those who remain cheerful and optimistic”
–My Fortune Cake!

 

P.S.:

Jika kalian butuh info lebih lanjut, silahkan tuliskan komentar secara langsung. Semoga bermanfaat! :)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x