Mohon tunggu...
Trifebi Shina S
Trifebi Shina S Mohon Tunggu... Informatika

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Para Pelajar, Mahasiswa UMM Lakukan Penempelan Poster di Sekolahan Kelurahan KBU

27 September 2020   13:08 Diperbarui: 27 September 2020   13:13 15 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Para Pelajar, Mahasiswa UMM Lakukan Penempelan Poster di Sekolahan Kelurahan KBU
Kelompok 72 di SD Muhammadiyah 8 & 10 Banjarmasin. (Dok. Pribadi)

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan serangkaian kegiatan pengabdian oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang di lingkungan pengabdian masing-masing kelompok. Kegiatan PMM ini merupakan pengganti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang seharusnya dilakukan. Namun, karena pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, maka KKN pun dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda, yaitu melalui kegiatan PMM ini.

Sampai saat ini, pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Sebagian wilayah masih dinyatakan sebagai zona merah meskipun beberapa wilayah sudah mendapatkan status zona hijau. Masyarakat pun harus menghadapi era new normal atau yang sering disebut juga sebagai adaptasi kebiasaan baru karena belum ditemukannya vaksin yang dapat mengendalikan jumlah kenaikan kasus Covid-19 karena meskipun beberapa wilayah sudah dinyatakan sebagai zona hijau, bukan berarti masyarakat terbebas dari ancaman Covid-19 dan bisa merasa tenang serta acuh dengan aturan yang sudah ditetapkan, terutama dalam protokol kesehatan.

Kelompok 72 Gelombang 5 PMM yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Wahyudi Kurniawan, S.H., M.H.Li., melaksanakan salah satu program kerja yang sudah mereka rancang sejak awal. Kegiatan yang mereka lakukan kali ini adalah mengedukasi masyarakat terutama para pelajar dan pihak pengajar di sekolah dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) semasa pandemi dengan cara melakukan penempelan poster di lingkungan sekolah di wilayah Kelurahan Kertak Baru Ulu.

M. Bara ketika sedang menempelkan poster edukasi. (Dok. Pribadi)
M. Bara ketika sedang menempelkan poster edukasi. (Dok. Pribadi)

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum'at (11/9/2020) oleh anggota tim yang terdiri dari 5 orang, yaitu Trifebi Shina Sabrila, Faradita Edsa Zahra, Kemal Juniardi, Wahyu Pratama, dan M. Bara Alfarisyi. Salah satu sekolah yang mereka kunjungi untuk melakukan penempelan poster edukasi adalah SD Muhammadiyah 8 & 10 Banjarmasin. Bapak Andri Yulianto, selaku kepala sekolah di SD Muhammadiyah 8 & 10 menyambut dengan baik niat para mahasiswa PMM UMM.

Harapannya dengan penempelan poster edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama para pelajar dan pengajar dalam lingkup sekolah mengenai bahaya Covid-19 dan  meningkatkan kesadaran warga untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara yang benar.

VIDEO PILIHAN