Mohon tunggu...
Healthy

Kerokan Tak Lekang oleh Waktu

27 November 2017   10:09 Diperbarui: 27 November 2017   10:19 567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Document pribadi Balsemlang

Dalam bulan-bulan ini Indonesia masuk dalam musim penghujan. Bahkan dalam minggu ini setiap hari hampir terjadi hujan. Kehujanan dan udara yang terasa lebih dingin menjadi salah satu penyebab gejala masuk angin yang biasanya disertai bersin,flu,kepala pusing,dan demam. Namun gejala masuk angin juga bisa disertai mual,perut terasa sakit dan lain-lain. Selain itu kecapekan karena sering beraktifitas dan kondisi tubuh yang mulai letih menjadi pemicu gejalan masuk angin.

Akan tetapi masuk angin bisa datang kapan saja. Tak jarang masuk angin bisa dirasakan sampai beberapa hari. Hal ini tentunya membuat aktifitas terganggu dan rasa yang tak nyaman di badan. 

Saya termasuk orang yang sering mengalami gejala masuk angin,biasanya bersin-bersin berulang-ulang kali dan tulang punggung terasa pegal. Disamping itu badan terasa tidak nyaman rasanya untuk beraktifitas. Mata terasa pegal dan sedikit pedas. Dan ketika tanda-tanda ini sudah mulai rasakan biasanya ibu saya  menyarankan untuk kerokan. Kerokan adalah solusi penyembuhan yang murah dan praktis. Namun terkadang saya tidak mau karena terasa sakit. Ibu saya tidak mendengar keluhan saya, ibu saya lebih kasihan jika nanti masuk anginnya semakin parah. Tetap saja saya disuruh mengikuti perintahnya. 

Dengan menggunakan koin logam uang seribuan yang biasa dipakai dan menggunakan balsem oles Balsem Lang. " Balsem Lang baunya tidak seperti minyak,baunya wangi aroma terapi, di badan tidak terasa panas tapi hangat dan buat kerokan tidak terasa sakit dikulit" kata ibu saya. Bagian punggung dikerok secara merata, dan menjadi berwarna merah garis-garis jika warnanya merah bahkan hampir kehitaman itu menandakan masuk angin yang parah. Setelah punggung selesai dikerok disuruh istrahat atau tidur. Memang di badan terasa hangat dan tidak lengket pada bagian yang dioles. Seketika badan saya merasakan khasiat kerokan. Badan saya hangat dan badan terasa lebih enak, rasa pusing dan bersin juga hilang.

Ibu berpesan kepada saya jangan sedikit - sedikit beli obat kalau sakit masuk angin. Di kerokin aja langsung sembuh,pengobatan tradisional yang ampuh mengusir masuk angin. Dan memang hal ini terbukti. Badan yang di kerokin menggunakan Balsem Lang menjadi hangat. Kulit yang digosok dan diolesi balsem juga tidak lengket. Wanginya aroma terapi terasa dan tidak seperti bau minyak yang menyengat.

Dan setelah menikah dan tinggal dengan isteri saya, ternyata kerokan juga dipilih sebagai pengobatan gejala masuk angin dikeluarganya. Jadi jika saya merasa masuk angin isteri saya sudah siap mengobati dengan kerokan. Menggunakan Balsem Lang sebagai pelicinnya dan menggosok dengan logam. Tidak berbeda dengan ibu saya , dan badan saya kembali segar kembali.

Dari waktu ke waktu sejak saya kecil saya sudah terbiasa dengan kebiasaa kerokan jika mengalami masuk angin. Saat kecil jelas saya menangis merasakan gosokan uang logam ke tubuh saya. Namun hal itu membuat saya sembuh. Seiring dengan berjalannya waktu hingga saya dewasa, saya tak pernah meninggalkan kerokan jika masuk angin. Kerokan membuat saya kembali nyaman. Akan tetapi saya juga memperhatikan selang waktunya untukkerokan. Sehingga tak membuat lapisan jaringan kulit juga tak rusak. Kerokan memberikat sensasi terapi pada jaringan kulit dan memberikan efek nyaman karena pada bagian lapisan kulit mengeluarkan rangsangan yang meningkatkan rasa nyaman dan kesegaran.

Secara medis kerokan memang ada yang menentang. Meski begitu pengobatan tradisional kerokan ini sudah teruji oleh beberapa ahli kesehatan. Warna merah yang ditimbulkan dianggap sebagai perusakan jaringan kulit dan pelebaran pori-pori namun hal ini sudah dibutikan,bahwa selama tidak dilakukan terlalu sering maka kerokan tidak ada masalah. Kerokan menggunakan Balsem Lang membuat badan kita kembali nyaman karena efek hangat yang ditimbulkan ke tubuh kita. Disamping itu lapisan kulit kita serasa di beri sensasi terapi.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Kerokan sudah menjadi sarana pengobatan yang murah dan manjur di kalangan masyarakat. Pengobatan tradisional ini masih menjadi pilihan pengobatan untuk masuk angin meski perkembangan medis sudah canggih. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan, meski begitu cara dalam pengobatan tradisional ini harus diperhatikan. Sangat disarankan untuk menggosok pada bagian titik saraf yang memang boleh. Hindari kebiasaan yang terlalu sering. Dan yang perlu diperhatikan setelah kerokan jangan digunakan untuk mandi. 

Sampai saat ini pun kerokan menjadi pengobatan bagi keluarga saya, dibandingkan dengan membeli obat. Kerokan menjadi pilihan utama dalam mengobati masuk angin, dengan Balsem Lang masuk angin hilang kesehatan kembali membaik. Melindungi keluarga saya dari masuk angin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun