Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Dahsyatnya Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19

24 September 2021   21:26 Diperbarui: 24 September 2021   21:38 60 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dahsyatnya Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19
 Seorang pekerja sedang melakukan cuci tangan di seusai bekerja(dokpri)

Memasuki bulan September ini, raungan ambulance di jalan, kibaran bendera duka di gang gang pemukiman mulai menyurut, meski kasus Covid-19 di Indonesia tetap ada namun dalam dua bulan terakhir keadaannya semakin terkendali. Bersyukur bahwa saat ini perasaan was was dan mencekam telah berkurang, sejak badan kesehatan dunia WHO menyatakan deklarasi pandemi global Covid-19 pada bulan Maret 2020, serasa kehidupan yang kita jalani berubah dari sebelumnya.

Bahkan di negeri tercinta ada Keputusan presiden Nomor 11 Tahun 2020 yakni Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease pada tanggal 31 Maret 2020. Salah satu yang patut menjadi perhatian agar tidak meluasnya pandemi, dengan mematuhi protokol kesehatan bagi semua kalangan, tanpa terkecuali.

Protokol kesehatan mengacu kepada edukasi bagi masyarakat untuk tindakan dalam rangka promosi kesehatan maupun pencegahan penyakit. 

Salah satu yang bisa mencegah penyebaran pandemi adalah dengan melakukan cuci tangan. Acap kali hal hal yang dianggap biasa saja justru berguna jika dlakukan dengan benar, masyarakat kita tentunya sudah lama mengenal yang namanya cuci tangan. 

Kegunaan cuci tangan bukan melulu saat akan memulai makan, namun saat ini dahsyatnya cuci tangan merupakan bagian protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya penyebaran pandemi Covid-19.

Sebulan yang lalu penulis mewakili Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia yang bekerja sama dengan International Labour Organitation mengadakan Pelatihan Promosi K3 dan Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja.Bersama Konfederasi lainnya para peserta dibekali materi yang diberikan oleh Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja(IDKI).

Bahwa kenyataannya pekerja pun rentan untuk terjangkiti pandemi Covid-19, salah satu hal yang paling sederhana bagi pekerja adalah bisa melakukan cuci tangan sebelum melakukan aktifitas kerja dan sesudahnya. Sangat penting bila di tempat pekerja disediakan Prasarana Cuci Tangan Dengan Sabun, tetapi perlu di ingat bahwa air saja tidak cukup, diperlukan sabun sebagai alat pembersihnya.

Cuci tangan yang baik adalah minimal 40 hingga 60 detik dengan memakai sabun, hal ini bagian bersama agar penyebaran pandemi tidak meluas. Meski webinar di mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, namun pematerinya mampu memberikan paparan yang mudah dimengerti, selain itu terdapat quiz dan door prize menarik bagi peserta webinar.

20210924-211924-614ddfc10101901d235ca6c4.jpg
20210924-211924-614ddfc10101901d235ca6c4.jpg

Fasilitas cuci tangan di pemukiman warga(dokpri)

Cuci tangan memang penting, bahwa fasiltas cuci tangan semestinya ada di area publik, sekolah, tempat karantina dan isolasi, dan jangan sampai terlupa bahwa pabrik pabrik yang sebagian besarnya merupakan karyawan selayaknya mempunyai fasiltas cuci tangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan