Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apa Benar, Timnas U-23 dan Timnas U-23 Australia Bagaikan Bumi dan Langit?

16 Oktober 2021   22:08 Diperbarui: 16 Oktober 2021   22:26 333 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Apakah Timnas Indonesia U-23 dan Timnas U-23 Australia perbedaannya bagaikan bumi dan langit? Pasalnya ada media massa Indonesia yang sampai menulis judul menyoal bentrok pasukan Garuda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Bila dianalisis secara data dan fakta, anggapan tentang perbedaan bumi dan langit itu, jawabannya bisa saja, ya. Namun, bisa juga tidak. 

Untuk melihat fakta dan data mengapa sampai dianggap bumi dan langit, berikut coba kita simak siapa timnas U-23 Australia itu? Dan, bagaimana kondisi timnas U-23 Indonesia.

Timnas U-23 Australia

Kendati kursi pelatih kepala timnas U-23 Australia masih kosong dan Australia hingga kini belum melakukan persiapan, namun timnas Australia adalah tim yang sudah jadi dan tentu saja dihuni oleh pemain-pemain dengan level dunia.

Cikal bakal timnas Australia tentu tim yang sudah tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Bahkan tim ini pun berhasil menggilas Argentina dua gol tanpa balas di Tokyo, meski berikutnya harus kalah dua kali.

Berkat duduk di urutan ketiga pada Piala Asia U-23 2020 hingga menjadi satu dari tiga wakil Asia di Olimpiade  Tokyo 2020, tim yang tadinya diasuh Graham Arnold, kini jabatan pelatih kepala sementara dialihkan kepada sang asisten, Gary van Egmond.

Karenanya, komposisi pemain timnas U-23 Australia diprediksi tidak akan berbeda jauh dengan yang dibawa pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu, meski sempat menekuk Argentina dengan skor 2-0, namun kalah oleh Spanyol dan Mesir pada fase grup.

Bila cikal bakal yang akan turun meladeni Indonesia adalah tim yang tak berbeda dengan yang turun di Olimpiade Tokyo, maka bisa benar, anggapan tentang bumi dan langit itu.

Berdasarkan data pemain yang turun di Olimpiade Tokyo 2020, tercatat ada empat pemain Timnas Australia U-23 yang merumput bersama klub-klub Liga Inggris. Mereka ialah Jay Rich-Baghuelou (Crystal Palace), Harry Souttar (Stoke City), Riley McGree (Birmingham City) dan Caleb Watts (Southampton).

Bahkan Caleb Watts mentas di kasta teratas Liga Inggris, Premier League, biasa bermain sebagai gelandang, dan lebih diandalkan untuk tim Southampton U-23 yang turun di Premier League 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan