Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Artikel Utama

Saatnya Membidik Pasar Wisatawan MICE

3 Oktober 2022   20:06 Diperbarui: 4 Oktober 2022   12:25 805 67 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tourism Working Group (TWG) G20 secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Senin, 14 Februari 2022.| Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif via Kompas.com

Hanya dalam hitungan hari, Indonesia akan segera menyambut tamu-tamu penting di KTT G20 Bali 2022. Suatu momentum emas yang jelas tidak boleh dilewatkan untuk mempromosikan Indonesia. Bukan hanya sebagai destinasi wisata leisure ternama di Asia. Tetapi juga sebagai salah satu destinasi wisata MICE yang layak diperhitungkan!

Penunjukan Bali sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-17 G20 atau "2022 G20 Bali Summit" jelas sangat membanggakan. Dan kawasan Nusa Dua, yang direncanakan menjadi tempat pelaksanaan KTT G20, pun telah memiliki reputasi teruji sebagai tempat penyelenggaraan gelaran bertaraf internasional selama puluhan tahun.

Ilustrasi konferensi di Nusa Dua Convention Center-Bali. Sumber: www.baliconventioncenter.com
Ilustrasi konferensi di Nusa Dua Convention Center-Bali. Sumber: www.baliconventioncenter.com

Simak saja deretan pertemuan internasional yang pernah digelar di situ. Mulai dari UN Climate Change 2007, KTT ASEAN, APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, hingga IMF-World Bank 2018. Dan tidak terhitung lagi berbagai Corporate Events berskala besar yang juga kerap diselenggarakan di kawasan bergengsi di Pulau Dewata itu.

Pesona Bali membuatnya banyak dilirik wisatawan MICE. Sumber: dokumentasi pribadi
Pesona Bali membuatnya banyak dilirik wisatawan MICE. Sumber: dokumentasi pribadi

Kala meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022, Presiden Jokowi mengatakan, "Kita juga harus dapat memanfaatkan pelaksanaan KTT G20 ini sebagai showcase mengenai kemampuan Indonesia dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi ekonomi."

Tidak lupa Presiden Jokowi juga mengingatkan untuk memberikan pelayanan terbaik dari Indonesia selaku tuan rumah. Suatu pesan yang sangat jelas, jika Indonesia hendak membidik peluang sebagai Destinasi MICE terkemuka di Asia. 

Sebagai destinasi wisata MICE, Bali memiliki hampir semua fasilitas yang dibutuhkan. Apalagi kawasan Nusa Dua, yang mulai dibangun Bali Tourism Development Corporation (BTDC) pada tahun 1970-an itu, sejak awal memang telah dirancang untuk menjadi destinasi MICE yang sanggup menampung ribuan peserta.

BTDC, yang kini dikenal sebagai Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC, pun terus mengembangkan kawasan yang dijejali belasan hotel berbintang itu. Saat ini setidaknya terdapat 19 hotel kelas dunia di kawasan ini. Jumlah total kamar pun sudah mencapai sekitar 5,000 kamar.

Ruang pertemuan utama di Nusa Dua Convention Center. Sumber: www.baliconventioncenter.com
Ruang pertemuan utama di Nusa Dua Convention Center. Sumber: www.baliconventioncenter.com
Selain itu, Nusa Dua yang hanya berjarak sekitar 12 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai, pun dilengkapi fasilitas ruang pertemuan berukuran raksasa, yakni The Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), yang akan digunakan sebagai venue utama dan Bali International Convention Center (BICC).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan