Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Athena, Tuan Rumah Olimpiade Modern Pertama di Dunia

30 Juli 2021   11:21 Diperbarui: 31 Juli 2021   01:00 542 70 28 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Athena, Tuan Rumah Olimpiade Modern Pertama di Dunia
Kuil Parthenon- Acropolis, Athena. Sumber: dokumentasi pribadi

Namanya Athena! Bagi orang Yunani, khususnya warga ibu kotanya, "Athena" adalah sang Dewi Perawan dan Pelindung Kota. Athena bukan sekedar seorang dewi biasa. Dialah sang dewi kesayangan Zeus. Kuil utamanya, Parthenon, berada di kota Athena. Menjulang tinggi di puncak Acropolis yang telah lama menjadi lambang kota ini. Inilah kota tempat berlangsungnya Olimpiade pertama di era modern pada tahun 1896. Sekitar 125 tahun lalu!

Athena sejatinya diakui sebagai dewi utama kota-kota di Yunani. Dewi dari industri dan kesenian. Sedangkan, dalam mitologi Yunani, Athena juga dikenal sebagai Dewi Kebijaksanaan dan Dewi Perang. Bahkan di antara para dewa-dewa, Athena lah yang paling kuat mendukung Yunani dalam Perang Trojan.

Namanya Athena! Bagi warga dunia, Athena - ibu kota negara Yunani - lebih dikenal sebagai kota penyelenggara Olimpiade modern pertama, yakni "1896 Summer Olympics". Dan sekali lagi pada tahun 2004. Kota ini juga sering disebut sebagai "the Cradle of Western Civilization" untuk pencapaiannya di bidang budaya dan ilmu pengetahuan lainnya.

Athena pernah menjadi pusat seni, pendidikan dan filsafat. Di kota inilah berdiri Platonic Academy yang didirikan Plato pada tahun 387 SM dan Lyceum of Aristotle, sekolah filsafat yang dibangun Aristoteles pada tahun 334 SM. Aristoteles adalah murid dari Plato dan guru bagi Alexander Agung (Alexander the Great).

Namanya Athena! Bagi para pelancong dunia, nama Athena selalu menjadi salah satu destinasi berlabel "Must Visit Destination Before You Die!". Menelusuri jalan-jalan di Athena bak membolak-balik buku sejarah. 

Dan sejarah Athena begitu penuh warna. Terbentang dari bukit Acropolis sampai ke Temple of Olympian Zeus. Dari lorong-lorong di Plaka hingga ke pantai-pantai menuju Teluk Sounion.

Athena, salah satu destinasi impian pelancong dunia. Sumber: dokumentasi pribadi
Athena, salah satu destinasi impian pelancong dunia. Sumber: dokumentasi pribadi

Bahkan sebuah stasiun bawah tanah, seperti yang ada di Syntagma Metro Station, ikut memajang sepenggal sejarah Athena. Ini memang sebuah kota tua. Kota yang sejarahnya terbentang lebih dari 3,400 tahun. Pantas saja, ada yang bilang kota Athena itu sendiri sudah seperti sebuah Museum Besar!

Gerbang utama ke Athena tentu saja adalah 'Athens International Airport Eleftherios Venizelos'. Inilah bandara terbesar di Yunani yang dibangun menjelang Olimpiade Musim Panas 2004. Berjarak sekitar 27 km dari Athena, Anda bisa menggunakan beberapa opsi transportasi menuju ke pusat kota. Ada bus umum, metro (kereta cepat) dan taxi.

Athena bukanlah sejenis kota yang mudah dicintai pada pandangan pertama. Katakanlah seperti Paris atau London. Meskipun telah lama dikenal sebagai salah satu kota paling bersejarah di Eropa. Namun, Athena bisa dikatakan agak tertinggal dalam persaingan dengan kota-kota besar di Eropa lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x