Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

St Moritz, Destinasi Wisata Favorit Kaum Jetset Dunia

2 April 2021   17:08 Diperbarui: 3 April 2021   03:30 1040 83 36 Mohon Tunggu...
Lihat foto
St Moritz, Destinasi Wisata Favorit Kaum Jetset Dunia
Danau dan Kota St. Moritz, Swiss. Sumber: koleksi pribadi

Tidak percuma St. Moritz diberi julukan “Top of The World”. Tidak hanya St. Moritz merupakan salah satu kota tertinggi di Eropa, yakni pada ketinggian 1,856 meter di atas permukaan laut. Tetapi, dalam pengertian lain, kota ini memang telah menjadi destinasi tujuan wisata paling top bagi kalangan jetset Eropa dan selebritas dunia.

Mulai dari miliarder terkenal, anggota keluarga kerajaan ternama di Eropa, hingga super model kondang, semuanya memilih kota ini sebagai destinasi liburan mereka, khususnya di musim dingin. 

St. Moritz memang bukan kota berlibur biasa. Kota cantik ini diakui sebagai kota lahirnya wisata musim dingin di wilayah Alpen. Dan pernah dua kali terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Dengan sederet prestasi dan prestise yang dimilikinya, kota ini pun seakan identik dengan gaya hidup yang berkelas, penuh gengsi, chic dan elegan. Destinasi impian yang tepat bagi kalangan yang menyukai gaya hidup nan glamor.

Kota St. Moritz, yang berpenduduk sekitar 5,000 jiwa, terletak di tenggara Swiss, di lembah Engadina dan termasuk dalam Kanton Graubunden. Kota ini dapat dicapai dari berbagai kota besar di Swiss maupun kota lain di Eropa tengah. Baik dengan kereta api, bus atau mobil. Kota Davos, Zurich, Munich dan Milan relatif tidak terlalu jauh dari St. Moritz.

Panorama Danau St.Moritz dilihat dari Dorf. Sumber: koleksi pribadi
Panorama Danau St.Moritz dilihat dari Dorf. Sumber: koleksi pribadi
Meskipun tidak jauh, kalangan jetset boleh jadi merapat ke sini menggunakan Air Taxi Fight dari bandara terdekat, seperti Zurich atau Milan. Selanjutnya, mendarat di bandara Engadin, sebuah bandara kecil yang berada di atas ketinggian 1,707 meter dpl. Bandara ini hanya berjarak 5 km dari pusat kota St. Moritz.

St. Moritz memang kota pilihan yang indah dan romantis. Di samping adanya Sungai Inn dan Danau St. Moritz yang menghiasinya, kota ini juga dikelilingi oleh barisan puncak gunung Alpen yang indah. Meskipun St. Moritz juga selalu ramai di musim panas, tetapi reputasinya sebagai destinasi wisata musim dingin lebih diakui dunia.

Kota ini bahkan telah dua kali terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, yakni pada tahun 1928 dan 1948. Kejuaraan Dunia Ski pun pernah beberapa kali diadakan di sini. Fasilitas untuk olahraga musim dingin di sini tergolong paling komplet.

Sejarah panjang St. Moritz sebagai destinasi wisata musim dingin telah berlangsung sejak tahun 1864. Adalah Johannes Badrutt (1819-1889), seorang hotelier yang membangun Kulm Hotel di St. Moritz dengan berani bertaruh dengan empat tamunya dari Inggris yang saat itu sedang berlibur musim panas di St. Moritz.

Hotel-hotel mewah di St.Moritz-Dorf. Sumber: koleksi pribadi
Hotel-hotel mewah di St.Moritz-Dorf. Sumber: koleksi pribadi
Badrutt berani menjanjikan kepada tamu-tamunya bahwa mereka akan tetap mendapatkan cahaya matahari yang hangat di tengah musim dingin di St. Moritz. Jika dia salah, maka Badrutt akan mengganti semua biaya perjalanan mereka dari London ke St. Moritz. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN