Mohon tunggu...
Rini Wulandari
Rini Wulandari Mohon Tunggu... Guru - belajar, mengajar, menulis

Guru SMAN 5 Banda Aceh http://gurusiswadankita.blogspot.com/ penulis buku kolaborasi 100 tahun Cut Nyak Dhien, Bunga Rampai Bencana Tsunami, Dari Serambi Mekkah Ke Serambi Kopi (3), Guru Hebat Prestasi Siswa Meningkat

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Maaf, Destinasi Wisata Favorit Sepanjang Jalur Mudik Tutup!

10 April 2024   15:26 Diperbarui: 11 April 2024   11:48 562
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
suasana sunyi di tempat wisata tebing laut eumpe nulu di aceh saat lebaran sumber gambar liputan6.com

suasana liburan lebaran di wisata favorit di jakarta sumber gambar cnn indonesia
suasana liburan lebaran di wisata favorit di jakarta sumber gambar cnn indonesia

Prediksi jumlah pemudik di Jateng sebanyak 61 juta, dan  23 persennya akan berkunjung ke lokasi wisata di daya tarik wisata (DTW) yang ada, seperti dikutip Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Jika di Jakarta atau mungkin daerah lain, berkunjung ke destinasi wisata menjadi salah satu menu saat lebaran, tapi sebaliknya di Aceh justru destinasi wisata tutup total saat lebaran!. Jadi pemandangan yang berbeda 180 derajat akan terlihat di sepanjang destinasi wisata favorit di jalur mudik di Aceh.

Tradisi berkunjung ke lokasi wisata bersama keluarga bukan pilihan, tapi berkunjung antar rumah menjadi tradisi utamanya. Meskipun begitu jika berkunjung ke jalur Timur menuju kampung halaman ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi usai lebaran.

Yang terbaru saat lebaran sebelumnya, sebenarnya ada wisata burung dara, di wilayah  Krueng Lam Kareung Indrapuri, sebuah area pegunungan yang menarik, terutama viewnya saat matahari terbenam.

Beberapa titik lokasi wisata dilengkapi dengan sepeda gantung dan area outbond, sayangnya hanya bertahan kurang lebih setahun. Area kafe yang berada di pinggiran gunung itu "dilengkapi" dengan ratusan burung dara jinak yang bisa berinteraksi langsung dengan pengunjungnya itu, baru saja ditutup.

Ilustrasi menikmati wisata burung dara aceh besar sumber gambar phinemo.com
Ilustrasi menikmati wisata burung dara aceh besar sumber gambar phinemo.com


lokasi wisata burung dara aceh besar sumber gambar tribunews.com
lokasi wisata burung dara aceh besar sumber gambar tribunews.com

Tapi entah faktor apa yang menyebabkan lokasi wisata Burung Dara itu kemudian ditutup.

Destinasi lainnya adalah Taman Rusa, meskipun hanya nama satu binatang yang disebut, taman itu sebenarnya adalah kebun binatang mini. Dengan kelengkapan binatang yang lumayan banyak, termasuk ular boa raksasa.

Ditambah lagi kolam renang, kolam pemancingan, wisata perahu sungai, hingga kereta api mini. Semuanya berada di satu lokasi yang berada tak jauh dari jalan utama ke arah Indrapuri.

Indrapuri adalah salah satu kecamatan di Aceh Besar  yang dulunya merupakan bagian dari tiga bekas kerajaan Hindu yang kemudian dikenal dengan istilah Aceh Lhee Sagoe (Aceh Tiga Segi) yang diibaratkan seperti Jiee penampi beras berbentuk segitiga yang titik tengahnya merupakan posisi Kerajaan Aceh Darussalam.

Dua segi atau posisi titik lainnya adalah Indra Patra (berupa area yang didalamnya terdapat Benteng Indrapatra yang berada di pesisir Selat Malaka yang tersohor). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun