Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Danau Bled, Destinasi nan Romantis di Slovenia

10 Januari 2021   15:42 Diperbarui: 16 Januari 2021   12:04 1881 97 39 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Danau Bled, Destinasi nan Romantis di Slovenia
Danau dan Pulau Bled, Slovenia. Sumber: koleksi pribadi

Sebuah deskripsi singkat seketika membuat banyak calon pelancong pun terkesima. Adakah danau seindah itu yang terlukis indah bak di negeri dongeng. Setidaknya, begitulah kesan pertama ketika membaca sekilas tentang sebuah danau di negara Slovenia.

"Lake Bled Travel Guide", buku perjalanan dari Insight Guide, penerbit buku-buku perjalanan ternama asal Inggris, membuat paragraf pertama yang menggoda tentang Danau Bled sebagai berikut:

"Within a basin surrounded by the rugged, snow-capped Julian Alps lies Bled, Slovenia's most visited resort, 50km northwest of Ljubljana. The jewel of this idyllic hideaway is the emerald-green Lake Bled, inset with a small island and church and guarded by a clifftop castle."

Danau Bled memang layak dikagumi. Danau dengan permukaan berwarna hijau zamrud sejatinya telah menjadi destinasi wisata kalangan aristokrat Eropa sejak tahun 1855. 

Pesona danau ini sungguh memikat siapa pun yang melihatnya. Apalagi di tengah danau terdapat sebuah pulau mungil nan memesona. Pulau satu-satunya pula di negeri asal Melania Trump, isteri Presiden AS Donald Trump yang segera lengser.

Pulau Bled pun bukan sekadar sebuah pulau biasa. Di atas pulau kecil itu berdiri beberapa bangunan, termasuk sebuah gereja indah yang dibalut sejarah dan legenda menarik. 

Inilah gereja ziarah Saint Mary yang sangat terkenal. Gereja berarsitektur baroq ini lengkapnya disebut "The Pilgrimage Church of the Assumption of Maryatau juga dikenal sebagai "The Church of Mary the Queen".

Church of the Assumption of Mary, Lake Bled. Sumber: koleksi pribadi
Church of the Assumption of Mary, Lake Bled. Sumber: koleksi pribadi
Pesona Bled kian mengagumkan ketika menoleh ke puncak tebing di sisi lain danau. Seakan melindungi danau dan pulau Bled, di puncak tebing bertengger sebuah kastil dari abad pertengahan yang masih berdiri kokoh. Kastil Bled dibangun dengan menara bergaya romanesque itu terlihat begitu menawan hati.

Bagaimana, bisa membayangkannya bukan? Ah, tentu saja, apalagi setelah melihat fotonya terlebih dahulu. Itulah Bled! Pesona alam dan sentuhan peradaban yang menyatu sempurna. Ketiganya, danau, pulau dan kastil menyandang nama yang sama: Danau Bled, Pulau Bled dan Kastil Bled.

Danau Bled, yang dalam bahasa Slovenia disebut Blejsko Jezero, adalah sebuah danau di Pegunungan Alpen Julian, di wilayah Carniolan Atas, di baratlaut Slovenia. 

Sejak Slovenia merdeka, danau seluas 1.45 km persegi ini makin berkembang sebagai salah satu destinasi andalan dan paling terkenal di negara pecahan Yugoslavia ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x