Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

"Sunrise" yang Tak Pernah Ingkar Janji

7 Januari 2021   08:29 Diperbarui: 9 Januari 2021   08:16 1206 108 48 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Sunrise" yang Tak Pernah Ingkar Janji
Sunrise di beberapa lokasi. Sumber: koleksi pribadi

Pagi nan dingin menggigit sampai ke tulang. Namun, arus pengunjung masih terus mengalir ke salah satu spot populer di punggung bukit Pananjakan ini. Kian berjejal, seakan semuanya ingin berada di baris terdepan. Tidak berapa lama kemudian, di ufuk timur tampak matahari mulai merekah. Bak bola emas raksasa menyembul dari perut bumi. Amboi, indahnya!

Atmosfer seperti itulah yang boleh jadi selalu menjadi harapan ratusan ribu wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Bromo sepanjang tahun. Pengunjung pun rela bangun subuh dan bergegas ke beberapa spot foto demi menunggu sunrise atau matahari terbit.  

Akan tetapi, tidak setiap saat kita beruntung mendapatkan panorama spektakuler itu. Harapan menyaksikan sang surya muncul di kaki langit kerap tidak terwujud. Dan itulah romantika sebuah perjalanan mengejar matahari terbit. Kadang sukses, sering juga tidak berhasil.

Alam memang menyimpan rahasianya sendiri. Meskipun kita sudah berusaha memilih waktu perjalanan di musim yang terbaik. Tetapi, tidak ada jaminan apapun untuk medapatkan sunrise nan cetar. Aplikasi cuaca apapun sekedar memprediksi. Bukan menggaransi. 

Memotret sunrise di Pantai Dewi Mandapa- Lampung. Sumber: koleksi pribadi
Memotret sunrise di Pantai Dewi Mandapa- Lampung. Sumber: koleksi pribadi
Matahari tentu saja selalu terbit. Itu suatu keniscayaan. Hanya kita yang tidak bisa melihatnya secara langsung. Baik karena terhalang mendung tebal, ataupun karena tertutup awan di garis horizon. Coba bayangkan saja andaikan matahari mogok terbit. Alamak! :)

Pengalaman berburu sunrise bukan hanya sekali. Di Bromo saja setidaknya sudah dua kali penulis ke sana untuk menunggu matahari terbit. Dan keduanya berujung sendu di hati. Sunrise yang ditunggu-tunggu sepertinya enggan menampakkan diri.

Namun, Bromo bukan hanya soal sunrise. Taman nasional inipun memiliki pesona lautan pasir dengan panorama Gunung Batok yang menarik. Belum lagi padang savananya yang menawan. 

Gak dapat sunrise, jadi fotoin ini saja. Sumber: koleksi pribadi
Gak dapat sunrise, jadi fotoin ini saja. Sumber: koleksi pribadi
Andaikata, Anda tidak menemukan sunrise di sana, tetap berusaha kreatif. Masih banyak spot lain yang bisa dinikmati. Jangan pernah biarkan kegagalan menyaksikan sunrise membuatmu patah hati. Hahaha.

Di suatu pagi yang sepi, penulis hanya bisa tepekur di puncak Candi Borobudur sambil memandang ke timur yang kelabu. Perjalanan panjang sejak subuh dari hotel yang nyaman di Yogyakarta hingga tiba di puncak Borobudur pun seakan sia-sia. 

Apalagi untuk mendapatkan akses naik ke sini pun tidak mudah. Harus membayar 'paket sunrise' yang lumayan mahal dari Hotel Manohara - Borobudur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x