Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Gigi Hiu, Lanskap Eksotis di Lampung

3 Juli 2020   17:00 Diperbarui: 4 Juli 2020   11:54 378 54 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gigi Hiu, Lanskap Eksotis di Lampung
Sunset di Gigi Hiu. Sumber: Koleksi pribadi

Indonesia telah lama menjadi destinasi impian para pelancong dunia. Selain dikenal sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak, Indonesia juga dianugerahi garis pantai terpanjang nomor dua di dunia, setelah Kanada.

Dengan panjang sekitar 99.093 km, maka Indonesia adalah surga bagi para pecinta pantai dan pemburu foto lanskap (landscape photographers). Pantai-pantai yang ada menampilkan karakter yang berbeda satu dengan yang lain. Dari bentuknya, kita temukan pantai yang curam, bertebing, landai, dan pantai karang. 

Selain itu, di pantai yang landai pun ada yang berpasir putih, ada juga yang hitam. Namun tidak sedikit juga pantai berbatu karang dan curam. Semuanya menampilkan keindahan alami tersendiri.

Di antara ribuan pantai yang telah dikenal dan teridentifikasi di Indonesia, ada banyak pantai berbatu karang yang begitu unik dan sungguh berbeda dari yang lainnya. 

Keunikan batu-batu karang ini seolah diatur oleh tangan-tangan alam yang mahir. Batu-batu karang itu terlihat begitu garang, kokoh, misterius, tapi sekaligus eksotis dan indah memesona.

Ibarat surga yang tersembunyi, mungkin begitu deskripsi para penyair. Dan meskipun "surga" itu terletak jauh dari keramaian, bahkan ada yang di pelosok terpencil, toh tidak menyurutkan minat para pecinta alam, pelukis pemandangan, penyair dan pehobi fotografi landskap untuk mendatanginya. Jarak seolah bukan halangan.

Dari sekian banyak pantai berbatu karang unik itu tersebutlah nama Pantai Gigi Hiu. Sebuah nama yang masih asing, setidaknya tiga tahun lalu, berlokasi agak terpencil dan belum banyak terdengar sebelumnya, bahkan di lingkungan industri pariwisata sekalipun.

Gigi Hiu dari atas sebuah batu karang. Sumber: Koleksi pribadi
Gigi Hiu dari atas sebuah batu karang. Sumber: Koleksi pribadi
Nama Gigi Hiu pertama kali saya dapatkan dari komunitas fotografer landskap sekitar tiga tahun lalu, ketika diajak seorang fotografer handal Mont Bahterazar. 

Para landscapers sejati memang selalu berburu objek foto yang berbeda. Bahkan di kalangan pecinta foto landskap, sudah bukan rahasia lagi, suatu objek foto terbaru yang belum pernah ditayangkan di medsos akan selalu menjadi sasaran perburuan foto berikutnya.

Maka begitulah, bak sebuah kompetisi. Semua fotografer, profesional maupun pehobi semata, seakan berpacu mengejar objek-objek foto terbaru. Foto yang nantinya pertama kali diunggah, sebelum menjadi viral dan selanjutnya berstatus foto sejuta umat. Dari berbagai perburuan semacam inilah, sebagian objek wisata kadang ditemukan, termasuk Pantai Gigi Hiu.

Pantai Gigi Hiu di Kelumbayan adalah sebuah objek wisata yang dalam beberapa tahun terakhir kian mencuat. Sejak foto-foto panorama pantai berbatu karang ini muncul di berbagai media, pantai ini pun kian populer, khususnya di kalangan pehobi foto landskap dan pemburu foto yang instagrammable

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN