Mohon tunggu...
Tonny E. Nubatonis
Tonny E. Nubatonis Mohon Tunggu... Petani - Ana Lapangan

Menulis, menulis dan menulis untuk mengabadikan suara hati dan buah pikiran melalui TULISAN. Email : tonnyeliaser@gmail.com_ WA/HP : 082247942122_ Facebook : Tonny E. N

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mungkin Beberapa Kebiasaan Ini yang Menghambat Suksesmu

7 Januari 2019   16:06 Diperbarui: 7 Januari 2019   16:14 149 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mungkin Beberapa Kebiasaan Ini yang Menghambat Suksesmu
ilustrasi : successbefore30.co.id

Kata "sukses" memang bukanlah hal yang asing di telinga. Sering terdengar "aku sukses membuat ini", "dia sukses meraih itu", "kami sukses mencapai ini", "mereka sukses melakukan itu". 

Sukses memang menjadi impian dan harapan semua orang, baik secara pribadi maupun kelompok. Definisi sukses pun tidaklah mutlak sama bagi setiap orang. Hal itu bersifat relatif.  Masing-masing pribadi memiliki perspektifnya tersendiri mengenai sukses.

Ada sebagian orang yang menganggap sukses ialah sebuah goals atau tujuan yang akan dicapai, keberhasilan yang diraih, pencapaian besar dari sebuah usaha, visi yang terwujud, misi yang terselesaikan, cita-cita atau impian yang terwujud, merasa bahagia dan sejeahtera, dan sebagainya.

Namun dari beberapa tokoh mengatakan bahwa sukses merupakan sebuah perjalanan atau proses, dan bukanlah sebuah tujuan. Seperti yang pernah saya dengar yang dikatakan oleh seorang pengusaha dan politikus, Hary Tanoesuebidjo, dalam sebuah wawancara terhadap beliau berkaitan dengan dunia bisnis yang saya tonton di televisi.

Hal yang senada juga seperti yang dikatakan oleh mantan Rektor Universitas Nusa Cendana, Kupang-NTT, Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc. Ph.D dalam buku yang ditulis oleh Prof. Vincent Gaspersz dengan judul The Ultimate success strategi.

Bagi saya, sukses itu sederhana defenisinya. Yaitu seperti ketika saya berhasil menulis artikel ini, lalu saat ditayangkan di kompasiana muncul kata "sukses"....atau "Berhasil ditayangkan", dan saya merasa bahagia, puas dan bangga saat artikelnya dibaca oleh banyak orang.. hehehe :)J.

Jika dihubungkan dengan beberapa defenisi sukses tadi maka akan menjadi contoh atau ilustrasi seperti saya memiliki cita-cita atau impian menjadi seorang penulis professional. Dalam proses dan perjalanan menuju cita-cita tersebut saya semakin belajar menulis dan sukses menayangkannya di kompasiana. Proses tersebut berjalan kontinu hingga saya menjadi penulis professional.

Intinya bahwa sukses setiap orang itu berbeda-beda namun defenisinya tidak keluar dari konteks yang telah dibahas sebelumnya.

Jika saat ini, di awal tahun ini, ada yang mungkin sedang merencanakan sebuah tujuan suksesnya atau sementara berada dalam perjalanan atau proses menuju sukses, maka mungkin anda akan menghadapi dan mengalami beberapa hal ini.

Beberapa hal ini mungkin saja dapat menjadi penghambat kesuksesan anda. (Saya ambil contoh jika ingin sukses menulis rutin di kompasiana atau mungkin ingin menjadi penulis professional). 

Pertama, Menunggu Inspirasi
Menunggu datangnya inspirasi menjadi sebuah hambatan yang dapat memakan dan membuag-buang waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN