Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pengalaman Unik, Bepergian dengan Hercules VIP TNI-AU

3 November 2018   21:42 Diperbarui: 3 November 2018   21:51 690
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dua tahun terakhir, mulai 2016, saya kembali aktif sebagai seorang blogger. Saya sebenarnya sudah blogging atau nge-blog semenjak tahun 2007, tapi timbul tenggelam. Namun kali ini sudah kembali aktif.

Dan ketika mulai aktif sebagai blogger, saya sudah beberapa kali diundang untuk meliput event, bukan hanya di Jakarta saja, tapi di luar Jakarta. Tahun 2018 ini, saya sudah bepergian ke Jogjakarta untuk event lari.

Hampir setahun lalu juga, saya terbang ke Jogjakarta untuk melihat langsung Kampoeng Mataraman, yang dibangun dengan dana desa. Kebetulan juga, tahun 2018 ini, saya mendapat kesempatan ke Bali untuk event Our Ocean Conference.

Untuk pergi ke event tersebut, saya menumpang pesawat sipil.  

Tahun 2018 ini, saya kemudian mendapat kesempatan lagi untuk datang ke sebuat event yang dihelat di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namanya adalah TNI International Marathon. So pasti saya excited banget untuk datang. Namun, kali ini saya akan menumpang pesawat militer. Pesawat milik TNI - Angkatan Udara.

Awalnya, saya diberitahu, akan menumpang pesawat boeing. Naik pesawat boeing sudah biasa banget bagi saya. Kemudian, saya diberitahu akan naik hercules C-130 yang VIP.Yeaaaay!! Akhirnya impian saya terwujud untuk naik pesawat Hercules. Jujur saja, saya sudah terobsesi sejak lama untuk naik Hercules, tapi baru kali ini terwujud.

Sabtu 3 November 2018, saya sudah pasti sangat bersemangat untuk berangkat. Karena keberangkatan kami diberitahu jam 06.00 pagi, saya sudah datang ke tempat keberangkatan di Baseops Lanud Halim Perdana Kusuma jam 4 lewat. 

Menunggu teman-teman lain yang berangkat, di ruang tunggu kami disuguhi makanan. Dan minuman berupa teh juga. Saya pun berangkat. Waktu menunjukkan jam 6 kurang 10 menit. Kami sudah boarding dan kemudian pintu ditutup untuk berangkat.

dokpri
dokpri
Ruangan pesawat Hercules, karena memang untuk VIP, seat layoutnya ada yang seperti pesawat umum, ada juga yang seperti ruang rapat. Saya bisa duduk di ruangan yang seperti ruang rapat. Ada mejanya.

dokpri
dokpri
Setelah lepas landas, kurang lebih 10 menit, makanan disuguhkan kepada kami oleh Pramugari yang adalah Korps Wanita Angkatan Udara. WIh ngalah-ngalahin naik pesawat Garuda juga nih. Sudah duduk yang ibarat business class dengan kursi yang lebar, sekarang dapat makanan.

dokpri
dokpri
Tak lama kemudian, datang tawaran minum teh atau kopi. Saya memilih minum teh. Benar-benar mewah naik Hercules VIP ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun