Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus blogger di bacirita.id dan tommi.id

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mandiri Jogja Marathon 2018, Berangkat Subuh, Kulineran Hingga Keseruan Lainnya

17 April 2018   12:21 Diperbarui: 17 April 2018   12:39 1043 1 1
Mandiri Jogja Marathon 2018, Berangkat Subuh, Kulineran Hingga Keseruan Lainnya
Dok.pribadi

Sebuah ajakan ke Yogyakarta, datang kembali. Dalam kurun waktu enam bulan terakhir, saya ke Jogja sudah dua kali. Yang pertama akhir November 2017 dan pertengahan Februari 2018.

Yang pertama untuk liputan acara Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan yang kedua acara Telkom Indihome.

Nah untuk yang ke-3 ini adalah undangan untuk melihat langsung acara yang digelar oleh Bank Mandiri. Namanya Mandiri Jogja Marathon 2018. Sudah pada tahu dong kalau ini pasti lomba Lari.

Acara lomba lari ini sendiri, akan digelar Hari Minggu 15 April 2018. Peserta akan start dari Candi Prambanan dan melintasi sejumlah wilayah di Yogyakarta. Wah ini yang keren. Berlari sembari berwisata.

Saya tiba di Yogyakarta, Sabtu 14 April 2018 malam. Saya dan tim blogger akan menginap di Hotel Platinum. Setelah mengecek lokasi, ternyata menginapnya tidak jauh dari Bandara. Bahkan kami hanya berjalan kaki ke hotel. Dari pintu keluar Bandara Adisucipto Yogyakarta, cuma menyebrang jalan saja. Asli sangat dekat.

Setelah check in, perut ngasih kode untuk segera diisi. Dan kami pun mencari makan disekitar hotel. Ada nasi Gudeg rupanya. Dan kami menyantapnya. Setelah makan malam, saya dan teman-teman, kembali ke Hotel. Kami harus beristirahat. Soalnya jam 03.30 pagi kami sudah harus start dari hotel dan segera ke Candi Prambanan.

Tidur cepat deh!

Sehabis makan saya dan beberapa teman, sempat nongkrong di skybar hotel. Rooftop bar. Rehat dan bersantai sejenak sebelum tidur. Namun karena harus bangun pagi, kami chilling out tidak lama, langsung masuk kamar.

Saya tentunya tidak lupa meminta kepada resepsionis hotel untuk wake up call jam 02.30 pagi. Tepat jam 02.30 pagi, telepon di kamar saya sudah berdering. Saya pun bersiap berangkat. Pukul 03.30 lewat dikit, saya dan teman-teman menumpang bus untuk media sudah berangkat.

Sesampai di Candi Prambanan, saya bergegas ke lokasi start untuk lomba lari. Oh iya, saya lupa, untuk Mandiri Jogja Marathon ini, ada empat kategori lomba. Ada Full Marathon, Half Marathon, 10 K dan 5 K. Sesampai di lokasi acara, saya melihat peserta sudah banyak yang datang. Mereka sudah bersiap untuk ikutan lomba lari.

Jumlah peserta Mandiri Jogja Marathon ini sendiri mencapai 8.000 orang. Wow aku kaget... Jumlahnya banyak baget... dan menurut informasi, 80 persennya berasal dari Luar Yogyakarta. Dan ada peserta dari Malaysia, Kenya dan Jepang yang ikutan Lomba Lari ini. Selain tiga negara ini, masih ada banyak negara lain yang ikutan.

Ada yang pemanasan, ada yang latihan lari di sekitar Candi Prambanan dan ada juga peserta yang asik berfoto dengan latar belakang Candi Prambanan. Mungkin mereka tidak mau kehilangan momen berfoto dan posting di Media Sosial.

Sampai di lokasi start, start untuk kategori Full Marathon akan segera dimulai. Peserta sudah berkumpul di lokasi start. Wah wah wah....

Di lokasi start, Mantan Putri Indonesia, Melania Putri sudah memandu para peserta. Dia juga memberikan informasi soal event Mandiri Jogja Marathon ini. Sekitar jam 05.00 WIB, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo yang lebih asik dipanggil Pak Tiko melakukan Fly Off atau mengangkat bendera disertai dengan pembunyian terompet untuk start.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Peserta langsung berlarian untuk start. Mungkin sudah tidak sabar untuk lari dari kenyataan (halah apaan sih). Banyak yang langsung buru-buru lari, dan banyak juga yang ketinggalan.

Berselang setengah jam, Peserta Half Marathon sudah diminta untuk bersiap start. Jumlah peserta half Marathon ini jumlah nya fantastis. Ada 1200 orang. Banyak ternyata yang suka lari (dari kenyataan). Untuk Half Marathon ini, peserta lomba dilepas oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Pak Tiko beserta Direksi Bank Mandiri.

Sebelum melepas, Pak Tiko sempat berfoto bersama dengan Bu Menteri Rini dan para peserta.

Dok.pribadi
Dok.pribadi
Usai start Half Marathon, saya langsung keliling-keliling Lokasi Start Mandiri Marathon. Untuk mengambil foto. Maklum lagi senang-senangnya foto. Ada mirrorless yang belum lama saya beli.

Ketika saya melihat langit sudah membiru tanda Matahari akan segera terbit, saya teringat ingin mengambil foto sunrise di Prambanan. Saya pun mencari lokasi. Duh saya memang benar-benar kelupaan untuk mengambil foto sunrise.

Beruntuk meskipun sudah hampir kelewatan moment tersebut, saya masih sempat untuk mengambil foto. Dan masih terlihat indah fotonya sih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3