TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI profesional

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Media highlight

Mencoba Memahami Makna "Pageviews"

17 Februari 2017   17:51 Diperbarui: 17 Februari 2017   18:23 247 24 16

Pageviews itu Apa Sih?

Saya dan istri baru saja tiba dirumah,setelah berkendara sekitar hampir satu jam perjalanan. Setelah berberes beres,apalagi kegiatan,selain buka laptop dan duduk bertapa. Pertama menjawab pesan inbox ,yang sudah menumpuk ,karena sejak kemarin belum disentuh.

Dari sekian banyak pesan yang masuk,ada sebuah  pesan atau tepatnya pertanyaan yang menarik ,yakni  :" Opa,Pageviews itu apa sih?" Pengirimnya adalah seorang Kompasianer yang masih muda dan belum lama bergabung.

"Wah,non,itu kan  hak preogative Admin,untuk menjawab. Tanya ke Admin saja yaaa" ,Jawab saya .Tapi jawaban ini,malah hampir membuat cucu saya di Kompasiana ngambeq,terbukti dari jawabannya:"Opa gitu yaaa?" Saya nanya,malah disuruh balik tanya ke Admin.. yaa udah ,kalau Opa nggak mau jawab!

'Wah,,gawat nih,kalimat yang sudah pakai tanda seru diakhir nya,adalah petanda,penulisnya sudah naik darah.

Maka buru buru saya bujuk:" Okay non, I am so sorry..Mari Opa jawab ya.Tapi tanya jawab kita ini,Opa postingkan,boleh kan?Maksudnya,kalau ada yang bengkok,agar dibantu meluruskan oleh mas Admin yang ganteng dan cantik. Kalau ada yang masih buram,diperjelas gitu,Okay non?"

"Siip Opa,tapi awas ya,nama saya jangan diikut sertakan..bilang saja pertanyaan dari Iyem,hehehe" Aduh,galak benar cucu saya yang satu ini,pakai ngancam lagi...Tapi ya sudah,itu namanya konsekuensi logis,punya banyak anak cucu dimana mana.

Pageviews Menurut Saya

Pertanyaan dari Kompasianer muda ,yang menamakan dirinya Iyem ini,berawal dari artikel yang dipostingkan oleh Admin.Untuk jelasnya ,saya kutib satu alinea,sebagai berikut:

"Dalam menentukan Kompasianer paling populer, kami juga menggunakan beberapa parameter yang dapat dihitung secara otomatis melalui mesin Kompasiana. Pertama adalah total pageviews dalam satu bulan yang didapat oleh Kompasianer. Pageviews ini hanya dihitung berdasarkan artikel yang ditayangkan pada bulan tersebut. Kedua adalah total nilai yang diterima dalam setiap artikel yang ditayangkan pada bulan tersebut."

Kompasianer dengan Rekam Jejak Terbaik Setiap Bulan Akan Mendapat Penghargaan 

Page dan View

Kalau diuraikan dari asal kata :" page" yang berarti "halaman" dan "view" adalah "tampilan",maka secara singkat ,kata pageview dapat diartikan sebagai :"jumlah halaman yang ditampilkan atau dikunjungi oleh Pengunjung atau dikenal juga dengan istilah :"Visitor".Mengapa tidak disebut :" Pembaca?" Karena yang namanya Pengunjung atau Visitor  ini,tidak musti membaca laman yang dibukanya. Bisa saja ,hanya membuka sepintas,baik karena memang mencari artikel yang menarik,maupun terbuka karena ketidak sengajaan,sudah dianggap sebagai pengunjung atau Visitor.

Kata "halaman "disini ,dimaksudkan adalah tulisan .Dalam kata lain,Pageviews adalah total halaman yang ditengok atau dikunjungi di suatu blog,dalam hal ini Kompasiana. Jadi seorang Pengunjung,kalau tertarik,bisa saja membuka beberapa page atau halaman ,baik untuk membaca hingga selesai atau begitu membuka dan menengok,isinya tidak berkenan dihati,terus menutupnya,sudah tercatat sebagai pengunjung.

Karena itu bisa dimaklumi,ada yang sengaja menulis judul tulisan yang bombastis,untuk menarik minat Pengunjung, Walaupun ,karena merasa terkecoh dan tidak menyelesaikan bacaannya, tapi sudah terekam sebagai satu kunjungan dari Visitor.

Dalam bahasa sederhananya, walaupun pengunjung hanya satu orang,tapi bisa mengunjungi beberapa laman, dalam sekali kunjungan,yang disebut sebagai Pageviews . Ada tambahan hurug :"S" untuk menunjukkan bahwa lebih dari satu laman atau page.

Mencoba Menterjemahkan kata :"Total Pageviews"

Jadi,masih menurut saya ,kalimat Admin yang berbunyi:" Pertama adalah total pageviews dalam satu bulan yang didapat oleh Kompasianer" dapat diterjemahkan secara bebas:"Dalam satu bulan,berapa banyak artikel yang sudah dikunjungi oleh seorang Kompasianer,dari sekian banyak tulisan yang diposting pada bulan tersebut?"

Kalau ada pertanyaan :"Apakah  kalau Visitor atau Pengunjung,hanya sekedar lewat dan  membuka laman artikel ,terus berlalu tanpa meninggalkan jejak berupa nilai :"menarik,aktual ,bermanfaat dan sebagainya," tetap akan dinilai sudah berkunjung atau tidak,tentu yang berhak menjawab hanyalah Admin Kompasianna. 

Hanya Mencoba Mencari Jawaban 

Sejujurnya,tulisan ini hanyalah menurut pendapat saya,yang belum tentu pas. Hanya saja sebagai seorang Penulis dan juga seorang Blogger,tentu setidaknya ,harus paham hal hal yang merupakan pengetahuan dasar .Tapi ilmu dan pemahaman ,terus berkembang,sesuai tuntutan kemajuan zaman. Pemahaman yang dulu ,sudah dianggap benar dan tepat,dimasa kini,boleh jadi sudah out of date atau kadaluarsa.

Karena itu,tulisan ini,sesungguhnya,bukanlah sebuah tanggapan atas artikel yang dipostingkan oleh Admin,melainkan ,hanya sebatas  mencoba mencari jawaban yang tepat ,yakni apa yang sesungguhnya dimaksudkan dengan :"Pageviews",seperti yang dapat dibaca pada kutipan diatas.

Sebagaimana yang sudah disampaikan pada awal,tulisan ini membutuhkan koreksi dari Admin dan teman teman Kompasianers yang sudah matang dalam hal ini. Kalau saya,hanya matang dalam hal usia,tapi hal hal begini,masih dalam tahap pembelajaran diri.Karena ,walaupun sesungguhnya,kami juga memiliki Website sendiri,tapi selama ini dikelolah oleh putra kami,yang memang backgroundnya I.T, Tapi diri saya pribadi,masih perlu belajar terus. Dan tulisan ini,sekaligus merupakan apresiasi terhadap  kinerja Admin,yang sudah mempersiapkan segala upaya,untuk memotivasi kita semuanya,Terima kasih

Tjiptadinata Effendi