Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kenangan Pahit Jadikan Pelajaran

19 Mei 2022   22:00 Diperbarui: 20 Mei 2022   02:45 125 29 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kenangan Indah bersama teman teman di Aceh / dokumentasi pribadi

Kenangan Manis Jadikan Motivasi

Tulisan ini ditempatkan di kategori "Life Hack", yang tentunya sebagai Penulis kita semua sudah memahami arti dan makna yang terkandung dalam istilah yang keminggris minggrisan ini. 

Yakni kiat atau cara dan strategi yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh orang lain, dalam upaya mempermulus jalan untuk mencapai target dalam kehidupan. Ataupun dalam mencari way out menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Tentu saja ini merupakan sudut pandang saya pribadi yang boleh jadi tidak sama dengan orang lain memaknai arti "Life Hack". Tidak menjadi masalah karena setiap orang berhak untuk berbeda dengan diri kita.

Setiap kali berdoa maka yang terbit dari lubuk hati terdalam adalah "Forgive us our trepasses,as we forgive those who trepass against us"Konsep doa yang setara dan adil yakni "Ampunilah kesalahan kami,seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami" 

Dalam arti kata percuma berdoa minta ampun atas kesalahan yang sudah dilakukan,bila kita tidak mau memaafkan orang yang telah menyakiti kita  atau gagal melakukan apa yang seharusnya dilakukan Karena takarannya sudah ada yakni "Mengampuni dan diampuni" 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Kembali Kejudul

Tetapi memaafkan dan melupakan tidak selalu berjalan seiring dan sejalan dan juga tidak secara serta merta bila sudah memaafkan orang yang telah menyakiti kita atau keluarga kita belum tentu secara serta merta kita dapat melupakan kejadiannya. 

Walaupun kita selalu diingatkan "When I forgave, I've forgot" Bila saya sudah memaafkan,maka berarti saya sudah melupakan.

Bila kita ingin jujur pada diri sendiri dan tidak mau menjadi manusia yang munafik, maka sejujurnya tidak semua peristiwa dapat kita lupakan walaupun kita sudah lama memaafkan pelakunya.

Perlu upaya dan kiat kiat untuk mengatasinya,sehingga kita dapat menjalani kehidupan dengan hati yang damai dan steril dari kebencian dan dendam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan