Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Rayakan Ulang Tahun Dengan Makan Malam Bersama

19 Juli 2021   19:35 Diperbarui: 20 Juli 2021   09:51 131 14 7 Mohon Tunggu...

Memiliki Makna Mendalam

Sewaktu anak anak masih duduk di SD dan hingga di SMP untuk makan bersama anggota keluarga tidak masalah sama sekali. Karena bila orang tua mengatakan "kita makan diluar ", maka semua anak anak akan patuh. 

Tapi saat anak anak sudah duduk di bangku SMA, sudah mulai tampak tanda tanda bahwa untuk dapat melanjutkan tradisi keluarga malam malam bersama sudah tidak dapat lagi dipatok. Karena boleh jadi, pada saat yang bersamaan anak ada acara hadir dalam ulang tahun teman temannya atau ada kegiatan di sekolah. Apalagi bila anak anak sudah dewasa dan memiliki keluarga masing masing. Pada saat orang tua sudah mempersiapkan waktu untuk dapat makan bersama ,hampir selalu ada saja yang berhalangan datang. Bahkan kendatipun hidup dibawah satu atap bukanlah berarti dapat menikmati makan bersama. 

Boleh jadi, yang satu sibuk dalam kamar dengan alasan lagi "meeting online" atau sedang mengerjakan pekerjaan. Sehingga lama kelamaan tradisi makan bersama memudar dan menghilang. Karena setiap kali hidangan sudah dipersiapkan, selalu ada saja yang berhalangan dengan berbagai alasan. 

20210718-200003-0-60f63a2b06310e610b7aaf52.jpg
20210718-200003-0-60f63a2b06310e610b7aaf52.jpg
Kalau sarapan pagi tidak mungkin dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga, tentu bisa diterima. Karena mungkin yang satu lagi mandi yang lain sudah buru buru akan berangkat ke tempat pekerjaan dan sebagainya. 

Tetapi santap malam bersama yang seyogyanya merupakan momentum yang paling ideal, ternyata dalam pratikknya juga sudah tidak lagi dapat dipertahankan 

dokpri
dokpri

Makan Bersama Rayakan Ulang Tahun Juga Sudah Tidak Lagi Mudah

Di era digital  ini, sudah amat  jarang ditemukan sebuah keluarga punya waktu untuk makan bersama. Disaat  ada anggota keluarga yang ingin makan, ada yang sambil di depan televisi atau di kamarnya sendiri. 

Tradisi makan malam keluarga rasanya sudah tidak ada lagi karena  sangat sulit untuk mencari waktu guna menghabiskan waktu dengan seluruh anggota keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x